Bisnis budidaya belut

Bisnis budidaya belut - Belut merupakan salah satu jenis hewan yang mempunyai kandungan gizi tinggi ketika di konsumsi. Usaha budidaya belut sangat mudah dijalankan sesuai kondisi lahannya.
Usaha budidaya belut ini sangat menjanjikan keuntungannya .Karena belut juga dapat diekspor ke beberapa negara .

Di indonesia sendiri belut dapat ditemukan di area persawahaan, karena belut hanya dapat ditemukan di musim tertentu maka ini menjadi peluang bisnis bagi anda, saat ini masyarakat belum bantyak melakukan budidaya belut karena kurangnya informasi dan pengetahuan tentang budidaya belut ini. Padahal budidaya ini tergolong mudah untuk dijalankan.

Bisnis budidaya belut

Saat ini belut yang tersedia hanya sekedar hasil tangkapan alam saja, dan kuota yang tersedia belum dapat memenuhi kebutuhan pasar. Maka dari itu bisnis budidaya ini patut anda coba.

Belut sangat digemarai oleh berbagai kalangan,baik anak - anak , muda hingga dewasa. berbagai macam olahan terbuat dari belut, semur belut, kerupuk dan lain sebagainya.  Belut sangat bermanfaat bagi tubuh kita, antar lain sebagai sumber protein dan sumber energi. 

Cara memulai bisnis budidaya belut

Sebelum memulai bisnis budidaya ini yang haru anda persiapkan adalah kolam. kolam bisa terbuat dari terpal, karena jenis kolam ini akan menghemat modal anda. Pembudidayaan dengna menggunakan kolam terpal ini sangat menguntungkan tidak kalah dari kolam tembok. Berikut ini bebrapa yang harus diperhatikan dalam pembuatan kolam terpa untuk budidaya belut:

1. Pilihlah lokasi yang kaya akan air
2. Untuk ukuran sesuaikan dengan kondisi di sekitarnya, untuk awalan buat 4 unit kolam saja dengan masing - masing berukuran 4 m x 5 m x 1 m.
3. Masukkan air kedalam kolam ,pastian airnya bersih dan tidak mengandung zat yang berbahaya yang dapat mengganggu perkembangan belut.
4. Tebarkan benih yang berkulitas unggul dengan kepadatan 1.5 kg per m3.

Keuntungan yang didapatkan


Kolam terpal banyak memberikan keuntungan , salah satunya adalah hemat biaya, serta proses panennya akan mudah. sehingga lebih efisien dalam budidaya belut ini. 

Adapun keuntungan lain budidaya belut ini adalah:
- Belut mudah berkembang biak di kolam aslakan kolam tersebut menyerupai habitat aslinya.
- Selain itu belut juga mempunya daging yang enak serta kaya akan gizi.
- Belut bisa dibudidayakan dengan tingkat kepadatan yang tinggi.


Perawatan Belut


a. Pemberian Pakan

Dalam memberi pakan belut anda harus punya hitung - hitungan, tidak ada hitungan baku perihal pemberian makan ini. Sebaiknya pakan diberikan sebanyak 5 % dari jumlah bibit yang ada. Adapun pakan yang bagus adalah cacing, kecebong, ikan - ikan keccil serta bekicot dan lain sebagainya.
Waktu yang tepat untuk pemberian pakan ini lebih baik pada waktu sore hari karena biasanya pada sore hari belut mencari makan di alam bebas.

b. Perhatikan Air

Air yang baik sangat penting bagi pertumbuhan air itu sendiri, sebaiknya berikan alat untuk mngalirkan air yang menimbulkan percikan agar air yang ada terus mengalir.


c. Perhatikan lingkunagn sekitar

Anda harus juga memperhatikan kondisi lingkunagn sekitar kolam, jangan sampai hewan pemangsa berada di area kolam seperti ayam,kucing,ular atau lumut yang dapat mengahambat pertumbuhan belut.

Pemasaran Belut

Penikmat belut dari berbagai elemen masyarakat, lebih baik anda menjual ke pedagang -pedagan ikan, keran dengan memasok kepada pedagang anda tidak perlu repot untuk menjual satu persatu.
lakukan promosi lainnya sepeti di media sosial, memasang banner, menyebar brosur dll.

Demikian ulasan tentang bisnis budidaya belut, semoga dengan adanya informasi mengenai bisnis budidaya belut ini dapat membantu anda dalam berwirausaha.