Cara Sukses Ternak Ayam Kampung

Cara Sukses Ternak Ayam Kampung - Ayam kampung merupakan salah satu hewan yang mudah dijumpai diindonesia, hewan ini sangat cocok untuk dijadikan peliharaan , bukan hanya itu saja, kepopuleran hewan ini dikarenakn reasa dagingnya sangat enak berbeda dengan ayam lainnya. Kita bisa menikmati telur atau dagingnya dari ayam kampung ini.


 Karena hal itu lah harga ayam kampung tergolong mahal dari ayam lainnya. Maka dari itu bisnis ternak ayam kampung ini sangat menjanjikan. lalu bagaimana cara sukses ternak ayam kampung? Banyak masyarakat yang kurang tahu tentang bagaimana cara untuk beternak ayam kampung ini, kebanyakan masyarakat hanya menngetahhui resiko untung ruggi saja dibidang usaha peternakan. 

Secara umum, beternak ayam kampung tidaklah sulit, yaitu sama dengan beternak hewan seperti bebek atau yang lainnya. yang dibutuhkan adalah rasa semangat serta gigih karena dengan bermodalkan itulah setiap usaha akanm meraup kesuksesan.

Keunggulan Ayak Kampung dibanding ayam lainnya:

  • Sedikit Toksin

    Banyak diantara kita  yang peduli seberapa bayak kandungan toksin di makanan kita, karena kurang mengetahui damppak secara langsung bagi tubuh kita. ayam pedaging sangat banyak mengandung obat obatan antibiotik yang berfungsi untuk membesarkan ayam tersebut, berbeda dengan ayam kampung, ayam kampung biasanya di beri pakan seadanya serta alam sehingga kadar toksin yang ada hanya sedikit.
  • Gizi Lebih Tinggi

    Ayam kampung lebih tinggi gizi, karena dengan ayam yang dilepaskan tentunya akan banyak memakan serangga, daun -daunan dll. ayam yang dilepaskan juga akan mendapatkan cahaya matahari secara langsung serta lebih banyka bergerak. dengan demikian menjadikan ayam kampung mempunyai daingi yang lembut, gurih sserta mengandung banyak nutrisi.
  • Mengandung Sedikit Lemak

    Ayam kampung mengandung lebih sedikit lemak dikarenakan di perlihara secara organik tanpa adanya obat - obatan.
  • Kaldu Ayam Lebih Sehat

    Selain mempunyai rasa yang enak dan khas , ayam kampung juga bergizi tinggi, selain itu juga kaldu ayam kampung bebas dari hormon, obat-obatan, dan residu inteksida. 
  • Rasa yanng Nikmat

    Ayam kampung memiki rasa dan aroma yang nikmat.

Baca Juga: Trik Sukses Usaha Ayam Bangkok

Berikut ini Cara Sukses Ternak Ayam Kampung:

1. Persiapkan Kandang

Kandang merupakn hal dasar untuk memulai bisnios ternak ayam kampung ini. untuk model serta bentuk terserah, yanng penting adalah lokasi yang strategis, bebas dari binatang buas, nyaman, teduh serta kering.

2. Pilih Bibit Berkualitas

Langkah selanjutnya adal;ah pemilihan bibit yang berkuallitas unggul. dengan bibit yang bagus resiko terhdap serang penyakit akan terminimalisir, jika ayam yang dihasilkan bagus tentunya akan berdampak langsung kepda harga ayam tersebut.

3. Gunakan Pakan Pelet

Untuk menumbuhkan ayam kampung secara cepat sebaiknya berikan pakan pelet hasil produksi pabrikan.

4. Berikan Vitamin

Vitamin ini penting untuk menjaga kesehatan ayaam serta menambah kekebalan ayam terhadap penyakit.

5. Jual Tepat Waktu

Sebaiknya jika umur serta ayama sudah mencapai target,maka sebaiknya langsung dijual saja, karena dengan begitu akan menghemat pakan serta biaya lainnya.

Demikian sedikit cara sukses ternak ayam kampung, memelihara ayam kampung sangatllah menguntungkan banyak manfaat dari daging ayam kampung, seperti untuk mekanan maupun dibuat untuk bakso, sosis dan lain sebagainya. bagi anda yang mau memulai ternak ayam kampung yang diperlukan adalah rsa semangat dan gigih.