Trik Jitu Sukses Ternak Ayam Pedaging Rumahan Modal Kecil

Ayam pedaging atau sering dikenal dengna ayam broiler adalah makanan yang sangat populer di indonesia ini. sealin dagingnya empuk, jenis ayam ini juga tergolong murah. saat ini banyak peternak sekala besar yang bermunculan. mereka mendirikan kandang  besar dengan ribuan ekor ayam di ternak.


Modal untuk usaha dengan kandang yang besar serta ayam yang banyak tentu memakan biaya yang snaggat besar, Lalu bagaimana cara berternak ayam pedaging rumahan dengan modal kecil sukses? berikut ini merupakan tipsnya:

1. Mempersiapkan Kandang

Beternak ayam broiler sangat baik jika ditempatkan di kandang panggung. carilah tempat yang kering jangan basah. karena dapat mengakibatkan suhu dari ayam itu dingin sehingga sangat sulit untuk bertahan. buatlah kandang yang berjarak dari rumah anda. tujuannya agar bau dari kotoran tidak sampai masuk ke rumah. usahakan tempat kandang tersebut bebas dari hewan buas. 

2. Siapkan Peralatan Pendukung Kandang

Setelah kandang sudah siap digunakan ,selanjutnya adalah mempersiapkan alat pendukung, yaitu berupa: tempat pakan dan minum, sistem penghangat, serta thermometer untuk pengukur suhu kandang.

Cara Ternak Ayam Broiler Rumahan Modal Kecil

Pertama

Sebelum bibit ayam pastikan semua persiapan kandang sudah siap 100 %, pastikan sistem penghangat menyala dengan baik ke seluruh area kandang. periapkan makanan dan minuman ayam broiler tersebut.
ketika pertama kali ayam datang, ambil ayam tersebut dari box satu persatu dengan perlahan , celupkan paruhnya kedalam larutan gula kemudian tempatkan di area yang sudah diberikan sekat.

Apabila ayam sudah menyebar ke seluruh wilayah area sekat, maka suhu yang ada sudah pas. sebaliknya jika ayam berkelompk di satu area wilayah, artinya suhu itu kurang atau masih dingin. Periksi terus suhu kandang serta makanan ayam.

Kedua

Ayam Broiler merupakan ayam yang rentan,oleh karena itu campurkan air minum dengan vitamin, tujuannya agar ayam tidak mudah stress. usahakan selalu bersihkan wadah makanan itu. alangkah baiknya jika memberikan makanan sedikit demi sedkit agar makanan ayam masih fresh.

Ketiga

Setelah ayam sudah mulai perkembangan , hari demi hari perluas areea sekat tersebut, agar ayam tidak saling injak yang akibatnya ayam akan mati. dan sesuaikan sushu kandangn antarra 31 - 32 derajat celcius.

Keempat

Ketika usia ayam sudah cukup besar pastikan sekat yang ada di buang, biarkan ayam di area kandangn secara penuh.di fase ini yang perlu anda lakukan adalah mengontrol makanan dan minuman ayam, serta mengontrol agar ayam tidak terjepit dan saling tumpuk. selalu campurkan minuman dengan vitamin agar tidak mudah stress terutama ketika sedang musim panas. Berikaan pakan sesuai porsi dan aturan,

Demikian sedikit informasi mengenai trik jitu sukses ternak ayam rumahan dengan modal kecil, semoga dengan adanya informasi ini akan memberikan informasi mengenai cara sukses ternak ayam broiler.