Cara Memplitur Kusen Kayu Jati dengan Mudah

Cara Memplitur Kusen Kayu Jati dengan Mudah - Saat ini kayu jati banyak digunakan oleh berbagai orang untuk sebagai perabotan dan alat rumah tangga, karena kayu jati sendiri mempunyai ciri khas yang unik serta awet, di samping itu jika menggunakan kayu kesan kasik sangat mudah didapatkan. Namun dari sekian banyak perabotan yang terbuat dari kayu jati, kami akan membahas hanya kusen jati pada kali ini, Kusen merupakan komponen pada rumah biasanya dipakai untuk jendela ataupun pintu, kusen ada 2 macam kusen alumunium dan kusen kayu jati. Kusen kayu jati cara perawatannya pun mudah, banyak cara yang dapat dilakukan supaya kusen kayu jati awet dan terlihat menarik salah satunya adalah dengan cara memplitur kusen kayu jati.

Nah berikut ini sedikit tips bagaimana cara memplitur kusen kayu jati yang baik dan benar:

1.  Siapkan bahan yang dibutuhkan
Bahan yang dibutuhkan harus kita siakan dulu antara lain adalah plitur, amplas, kuas, pengencer, wadah untuk penuangan, masker, serta kaos tangan.
2. Bersihkan kusen kayu jati dari berbagai kotoran
Pastikan semua kotoran yang menempel di kusen kayu jati dibersihkan terlebih dahulu, hal ini bermaksud supaya hasil yang didapatkan bagus serta plitur dapat mudah menempel ke permukaan kusen tersebut.
3. Amplas kusen kayu jati
Pengamplasan ini sangatlah penting, untuk menghasilkan kualitas kusen yang bagus serta mendapatkan efek glossy maka yag perlu anda lakukan adalah mengamplas terlebibh dahulu, anda bisa mengamplas dengan cara manual atau bisa juga dengan mesin gerinda yang sudah dimodifikasi.
4.  Campurkan plitur dengan larutan pengencer
Taruh sedikit plitur di wadah, selanjutnya campurkan cairan pengecernya, pastikan rasionya pas, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada penjual dimana tempat anda membeli plitur tersebut.
5. Gosok secara merata permukaan kusen kayu jati dengan plitur
Cara Memplitur Kusen Kayu Jati dengan Mudah
Cara Memplitur Kusen Kayu Jati dengan Mudah
Setelah proses pengamplasan selesai, selanjutnya adalah dengan mengusap seluruh permukaan kayu jati dengan menggunkan kuas yang sudah di celupkan kedalam cairan plitur terlebih dahulu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya ulangi proses ini secara bertahap.

Itu merupakan cara memplitur kusen kayu jati denga mudah, lalu sebelum anda memutuskan untuk memplitur kayu sebaiknya anda perhatikan juga informasi berikut ini :

- Pastikan terlebuh dahulu, kusen kayu jati mau anda jadikan glossy atau tidak, jika tidak sebaiknya pilihlah clear vanish dengan tingkatan kilau doff ke bawah

- Tambahkan warna sesuai keinginan, namun perlu diingat pilihlah hanya produk sesuai dengan plitur yang anda miliki supaya hasilnya dapat maksimal, sebelum membeli tanyakan terlebih dahulu kepada penjual.

- Sebaiknya lakukan plitur kusen kayu jati 6 bulan sekali, karena jika semakin lama kualitas plitur juga akan pudar dan kurang terlihat bagus lagi.

Demikian sedikit informasi mengenai cara memplitur kusen kayu jati dengan mudah, semoga dapat memberikan penjelasan bagaimana cara memplitur kayu yang baik dan benar serta hal yang perlu diperhatikan sebelum memplitur kayu jati.