Cara mengkilapkan pintu kayu jati

Cara mengkilapkan pintu kayu jati - pintu merupakan bagian rumah yang paling penting, karena dengan adanya pintu anda dapat mudah keluar masuk ke dalam rumah, Terdapat tipe dan bahan pintu, salah satunya adalah pintu yang terbuat dari kayu jati, kayu jati sednrii terkenal dengan keawetan dan kualitasnya. Saat ini banyak orang memilih perabotan rumah dengan berbahan kayu jati, Nah informasi kali ini akan membahas tentang cara mengkilapkan pintu kayu jati dengan mudah, dengan pintu kayu jati yang mengkilap tentunya akan menambah nilai kebersihan dan kerapian rumah anda, serta dapat pula menambah keawetan pintu kayu jati itu sendiri. 

Pintu kayu jati yang sudah lama tentunya banyak kotoran yang menempel bukan hanya itu saja, bahkan pintu kayu jati terkena oleh jamur, oleh karena itu pembersihan harus dilakukan secara rutin supaya pintu kayu jati anda tetap terawat dan bertahan awet. Bahan kayu sangat sensitif terhadap cuaca panas serta dingin.Sinar matahri membuat minyak yang terkandung di kayu jati lama kelamaan mengering, oleh sebab itu kayu jati akan terlihat pudar, selain itu juga dapat membuat pintu kayu jati retak dan melengkung. Yang anda lakukan adalah dengan cara memperhatikan penempatan pintu kayu jati, sebaiknya pintu kayu jati diaplikasin di tempat yang indoor dan tidak terkena sinar matahri secara langsung.

Cara mengkilapkan pintu kayu jati
Cara mengkilapkan pintu kayu jati


Tips yang kedua adalah dengan cara membersihkan pintu kayu jati dari berbagai kotoran yang menempel, bisa menggunakan vacuum cleaner ataupun alat lainnya. Anda bisa juga menggunakan lap serta mengolesi pintu kayu jati dengan cairan khusus yang tentunya aman untuk pintu kayu jati anda. sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan toko bangunan yang menyediakan cairan tersebut, dengan begitu anda mudah untuk memahami dan mudah dalam pembersihan pintu kayu jati.

Untuk pintu kayu jati yang tidak divernis anda bisa menggunakan air hangat serta lap yang lembut, usapkan lap tersebut ke pintu kayu jati, tujuannya agar pintu kayu jati akan tetap bersih dan menjadi mengkilap. Mohon diingat, jika sudah menglap sebainya segera di lap dengan lap yang kering supaya air tidak masuk ke dalam pori - pori kayu jati.

Baca Juga: Tips Membuat Plamir dengan Biaya Terjangkau


Jika pintu kayu jati anda terkena kotoran yang lengket sebaiknya segera diberishkan jangan sampai nota tersebut menempel ke dalam kayu jati terlalu lama, anda bisa memberishkannya dengan air dan lap yang lembut. Segera lap dengan lap yang kering supaya air tidak masuk ke dalam pintu kayu jati, karena apabila air masuk ke dalam pintu kayu jati akan membuatnya cepat lapuk dan rapuh.

Rutinlah memberishkan kotoran yang menempel baik itu berupa debu, cairan , ataupun jamur dengan begitu pintu kayu jati anda akan  tetap mengkilap meskipun sudah lama, cukup membersihkannya dengan kuas secara rutin, minimal 1 bulan sekali.

Selain itu yang perlu diperhatikan dalam merawat pintu kayu jati adalah sebagai berikut:

- Pastikan lokasi penempatan pintu kayu jati tidak terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung.
- Poleslah kayu jati dengan cairan khusus agar warna kayu jati tetap mengkilap dan terlihat alami.
- Semprotkan cairan pledge ke pintu kayu jati agar pintu anda tetap mengkilap, pledge ini mudah anda dapatkan di toko bangunan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu jenis pledge dan keunggulannya dengan penjual pledge tersebut.

Dengan cara tersebut diatas pintu kayu jati anda lebih terawat dan memperindah rumah tentunya. Lakukanlah secara teratur, supaya hasil yang didapatkan bisa maksimal. 
Demikian sedikit informasi mengenai cara mengkilapkan pintu kayu jati, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat memberikan wawasan tentang cara merawat pintu kayu jati, membersihkan pintu kayu jati, serta mengkilapkan pintu kayu jati.