Cara Menguras Air Akuarium dengan Mudah

Cara Menguras Air Akuarium dengan Mudah - Akuarium merupakan salah satu media untuk memelihara ikan di dalam rumah, bukan hanya itu saja , akuarioum juga dapat berfungsi sebagai pemandangan di dalam rumah, Saat ini banya sekali model serta ukuran akuarium. Di dalam akuarium terdapat air agar ikan yang ada dapat hidup dengan baik, oleh karena itu air yang bersih sangat penting untuk kehidupan ikan yang anda pelihara, bukan itu saja dengan air yang jernih serta bersih akan menjadikan pemandangan akuarium anda lebih baik serta menarik.

Oleh karena itu, salah satu cara agar air yang ada di akuarium tetap jernih dan bersih adalah dengan cara menguras air tersebut, pengurasan air akuarium ini bisa anda lakukan minimal 2 minggu sekali, biasanya dalam kurun waktu itu , kerak serta kotoran pakan dan lainnya sudah banyak yang dapat menyebabkan air akuarium anda kotor dan berubah warna. kali ini kita akan membahas cara menguras air akuarium dengan mudah, dengan mengikuti tips ini akan mempermudah anda dalam menguras air akuarium meskipun anda pemula.

Berikut ini cara menguras air akuarium dengan mudah:

1. Ambil ikan yang terdapat di dalam akuarium tersebut ke dalam wadah lainnya, bisa berupa emper, sebaiknya dalam proses memindahkan ikan ini dilakukan secara hati - hati agar tidak menyebabkan ikan tersebut menjadi stess. Ambil ikan dengan menggunakan jaring kecil, kemudian masukkan ke dalam wadah yang sudah kita persiapkan sebelumnya.

2. Ambil komponen akuarium, di dalam akuarium biasanya terdapat beberapa komponen, seperti filter ait, batu - batuan, hiasan dan masih banyak lagi, untuk mempermudah proses penggantian air akuarium, ambil komponen tersebut lalu pindahkan ke tempat lain dulu, biasanya komponen ini juga kotor, sebaiknya bersihkan juga komponen tersebut dengn cara mencucinya dengan air yang bersih, kemudian tiriskan.

3. Bersihkan semua area akuarium, setelah semua komponen sudah diambil, anda bisa memberishkan kaca akuarium tgersebut dengan lap, tujuannya agar kerak dan kotoran yang menempel bisa hilang.

4. Jika akuarium sudah bersih, selanjutnya pasang kembali semua komponen yang ada di dalam akuarium.

Cara Menguras Air Akuarium dengan Mudah
Cara Menguras Air Akuarium dengan Mudah

5. Isi akuarium dengan air yang bersih. Dala mengisi air ini sebaiknya dilakukan dengna hati - hati angan terburu - burur, agar kotoran yang ada tidak masuk ke dalam akuarium semua. Biarkan akuarium sejenak, nyalakan filter air proses penyaringan dapat dimulai.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Pompa Air Akuarium yang Rusak


6. Pemasukkan ikan, untuk proses memasukkan ini sebaiknya dilakukan secara perlahan. dan yang paling penting adalah proses pemasukkanya jika air yang ada di dalam akuarium sudah jernih.

7. Biasanya jika setelah proses penggantian air, ikan akan beradaptasi terlebih dahulu, yang harus anda lakukan adalah dengan cara membiarkannya, nanti lama kelamaan ikan akan beradaptasi dengan air yang baru tersebut.

Biasanya air akuarium mengalami pengurangan, banyak faktor pengurangan air di dalam air tersebut, oleh sebab itu segera lakukan penambahan air jika air yang ada di akuarium tersebut mulai berkurang. Untuk pengurasan air ini anda dapat melakukannya 2 minggu sekali, atau jika air yang ada di dalam akuarium sudah benar - benar kotor. Demikian informasi mengenai cara meguras air akuarium dengan mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara penggantian air akuarium, cara agar air akuarium tetap jernih dan bersih.