Perbaiki Remote TV yang Rusak

Perbaiki Remote TV yang Rusak - Saat ini teknologi sedang berkembang sangat pesat, karena perkembangan teknologi tersebut membawa perubahan sangat besar, antara lain bidang elektronik, dulunya sebuah tv hanya dilengkapi dengan tombol yang berada di tv, namun dengan perkembangan teknologi, sekarang tv sudah dilengkapi dengan remote, jadi anda tidak perlu repot lagi untuk pindah channel, anda bisa pindah channel sambil tiduran, dan dengan jarak yang cukup jauh.

Dengan penggunaan alat elektronik yang secara berlebihan, alam kelamaan juga dapat mengalami kerusakan, begitu juga dengan remote tv ini. Jika hal ini terjadi hal yang perlu anda lakukan adalah memperbaikinya atau membeli remote yang baru, nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki remote tv yang rusak, Tidak semua kerusakan pada remote dapat diperbaiki, karena di dalam remote hanya terdapat IC, sehingga jika kerusakan yang sangat parah artinya mau tidak mau anda harus membeli remote yang baru.

Perbaiki Remote TV yang Rusak
Perbaiki Remote TV yang Rusak

Cara Memperbaiki Remote TV yang Rusak

  • Pengecekan baterai
Pengecekan baterai merupakan langkah awal untuk memastikan bahwa remote anda rusak atau hanya baterainya yang habis, jika baterai habis gantilah baterai dengan jenis yang sama, belilah baterai dengan kualitas terbaik agar baterai remote anda lebih awet, jika tidak terdapat baterai masalah pada baterai lanjut ke pengcekan selanjutnya.
  • Pengecekan Lampu di Remote
Remote dilengkapi dengan lampu kecil yang terletak di bagain atas remote, cara pengecekannya adalah dengan cara memencet tombol pada baterai lalu cek lampu tersebuat masih hidup, menyala redup atau tidak menyala sama sekali. jika tidak menyala sama sekali berarti remote tv anda rusak. Namun jika lampu hidup tapi remote tidak berfungsi, maka lanjut ke pengecekan selanjutnya.

 

Baca Juga: Cara Memperbaiki Jam Dinding yang Rusak

  •  Bongkar Casing Remote TV
Siapkan alat seperti besi yang pipih, alat ini berfungsi untuk mencongkel remote dari bagian samping supaya dapat terbuka dengan mudah, perlu diingat bahwa selama proses pembogkaran remote sebaiknya dilakukan secara hati - hati, karena banyak komponen sensitf yang terdapat pada remote tv tersebut.
  •  Bersihkan Remote TV
Setelah casing dapat terbuka, selanjutnya bersihkan komponen remote dari debu yang mungkin ada, carilah lap yang lembut, dalam proses pengelapan anda perlu hati - hati supaya tidak merusak remote tersebut. Periksa keypad juga, apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika sudah mengikuti proses diatas namun, remote anda tidak bisa juga yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan penggantian remote. Bawalah remote tv yang rusak tadi ke toko eletronik, mintalah kepada penjul remote yang sama serinya, jangan lupa suruh coba terlebih dahulu, jika sudah cocok silahkan di bawa pulang. Dalam perawatan remote tv sebaiknya remote tersebut diberi sarung, bisa berupa plastik ataupun sarung remote khusus, tujuannya agar remote tidak kemasukan debu yang dapat menyebabkan terganggunya keypad. Jauhkan dari air, Anak - anak dan simpanlah ditempat yang kering.

Demikian informasi mengenai cara perbaiki remote tv yang rusak, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda mengenai cara memperbaiki remot yang rusak, cara merawat remote tv supaya tidak cepat rusak.