Tips Memasang Handle Pintu Rumah

Tips Memasang Handle Pintu Rumah - Handle rumah merupakan salah satu bagin yng biasanya terdapat di pintu rumah, handle ini berfungsi untuk memudahkan kita untuk menutup dan membuka pintu, saat ini banyak model dan jenis handle pintu, ada yang menggunakan kunci, berbahan stainless dan lain sebagainya, Kali ini kita akan membahs tentang cara memasang handle pintu rumah dengan mudah

Sebelum masuk ke proses pemasangan, ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan antara lain sebagai berikut:
- Handle Pintu
- Alat Ukur
- Bor
- Pensil
- Alat Memahat
- Palu
- Obeng
Setelah semua alat dan bahan suah siap lanjut ke proses pemasangan handle pintu.

1. Proses Pengukuran
Proses ini merupakan proses awal dalam memasang handle pintu rumah, sesuaikan ukuran lebar dengan ukuran handle pintu yang mau dipasang nantinya. Tandai ukuran dan pola tersebut untuk memudahkan kita untuk melakukan proses pengeboran. Ukuran ini berhubungan dengan letak ketinggian pemasangan handle pintu, umumnya diindonesia antara 100 cm dari lantai.
2. Proses Pengeboran
Setelah menentukan lokasi pemasangan handle pintu selanjutnya adalah prose pengecboran, proses ini sangat penting agar handle pintu anda dapat terpasang secara sempurna. Dalam melakukan pengeboran sebaiknya dilakukan secara hati - hati, jangan sampai dalam proses tersebut pintu anda justru malah rusak.

3. Pembuatan Poros
Ketika pengeboran sudah selesai, selanjutnya adalah dengan membuat poros. Hal ini nantinya akan digunakan untuk mengaplikasikan dimana handle. Sebaiknya dalam melakukan pembuatan poros ini dilakukan dengan ahti - hati serta rapi, agar nantina dalam pemasangan handle pintu akan terasa lebih mudah.

4. Pengeboran Samping
Pengeboran pada bagian samping ini berfungsi untuk menempatkan barel, lakukanlah pengeboran sesuai dengan pola yang sudah kita tandai sebelumnya. Pastikan pengeborannya rapi, jangan lupa bersihkan sisa - siaa pengeboran yang terdapat dalam lubang agar tidak mengganggu dalam proses pemasangan.

5. Pemahatan
Selanjutnya adalah proses pemahatan untuk meletekkkan pengaitu handle, pastikan pola dan lokasi kita sudah sesuai dengan letak dan posisi yang sudah kita tandi selumnya. Lakukanlah pemahatan secara hati - hati.

Tips Memasang Handle Pintu Rumah
Tips Memasang Handle Pintu Rumah

6. Pemasangan Pengait
Apabila proses pemahatan selesai, selanjutnya adalah proses pemasangn pengaitu pintu, letakkan pengait pintu tersebut ke lokasi yang sudah kita pahat sebelumnya, Masukkan baut kemudian kencangkan baut tersebut. Biasanya pengait ini terdpat 2 baut.

7. Pemasangan Handle
Ini merupakan langkah terakhir, pemasangan handle diwali dengan memasukkan dua buah sekrup ke dalam lubang yang telah kita buat sebelumnya. pastikan sekrup dapat masuk dengan sempurna. Kemudian msukkan pegangan handle tersebut, jangan lupa kencangkan semua baut agar menempe dengan kuat.

8. Lakukan Percobaan
Jika semua proses sudah dijalankan selanjutnya adalah proses percobaan, mulai dari proses penguncian, proses pembukaan pintu, penutupan dan lain sebagainya.

Dengan memasang handle pintu akan mempermudah anda dalam penguncian pintu, maupun dalam menutup dan membuka pintu tersebut. Demikian informasi mengenai tips memasang handle pintu rumah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara pemasangan handle pintu, fungsi handle pintu rumah.