-->

Cara Membuat Kanopi Rumah dengan Baja Ringan

Cara Membuat Kanopi Rumah denagn Baja Ringan - Kanopi merupakan bagian atap yang biasanya diletakkan di depan rumah, toko maupun tempat lainnya. Tujuan dibuatnya kanopi tersebut adalah untuk membuat depan rumah, maupun toko menjadi teduh ketika dipakai untuk memarkirkan kendaraan, Saat ini bayak sekali bahan untuk membuat kanopi, salah satunya adalah baja ringan. Baja ringan merupakan salah satu pengganti kayu, karena baja ringan memiliki keunggulan diantaranya tidak mudah karatan, cara pemasangan yang mudah, harga murah, saat ini banyak orang menggunakan bahan yang satu ini.

Dalam membuat kanopi rumah ada beberapa hal yan harus anda persiapkan terlebih dahulu, seperti alat dan bahan. Berikut ini alat dan bahan yang harus anda persiapkan ketika ingin membuat kanopi rumah dengan baja ringan:

- Kasau Baja Ringan
- Reng Baja Ringan
- Mesin Bor
- Baut Khusus Baja Ringan
- Alat Ukur
- Penggaris Siku
- Gunting Khusus Baja Ringan

Setelah semua alat dan bahan sudah siap, selanjutnya anda dapat proses pembuatan kanopi rumah dengan baja ringan, Berikut ini langkah - langkah dalam membuat kanopi baja ringan:

1. Tentukan Konsep
Langkah awal dalam pembuatan kanopi baja ringan adalaah dengan cara membuat konsep terlebih dahulu. Dalam pembuatan konsep ini meliputi pembuatan model, ukuran dan bentuk dari kanopi yang akan dibuat, dengan begitu akan memudahkan kita dalam merangkai kanopi tersebut nantinya.

2. Potong Baja Ringan
Jika konsep sudah jadi, selanjutnya anda harus menyesuaikan ukuran baja ringan tersebut dengan ukuran yang sudah ada dala konsep. Potong baja ringan tersebut dengan menggunakan gunting khusus baja ringan. Untuk memotongnya pastikan dilakukan secara hati - hati, agar hasil yang didapatkan menjadi rapi.

3. Proses Pemasangan
Setelah semua bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan ke proses pemasangan kanopi tersebut, adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Pemasangan Tiang Penyangga Kanopi
Bagian ini merupakan bagian inti dari kanopi, untuk ukuran sebaiknya disesuaikan dengan konsep awal. Pastikan posisi tinag tersebut tegak lurus. 
  • Pemasangan Kasau
Jika tiang - tiang sudah siap, anda dapat memasang kasau. Untuk jarak pemasangannya adalah kira - kira 120 cm. Untuk memasangnya gunakanlah baut dan untuk membuat lubangnya gunakanlah  mesin bor.

Baca Juga

  • Pemasangan Reng
Selanjutnya pasangkan reng, dalam memasang reng ini sesuaikan jarak dengan penutup kanopi tersebut.
  • Pemasangan Atap
Jika semua rangka kanopi sudah siap, anda dapat memasang bagian atap. Banyak sekali jenis - jenis atap untuk kanopi salah satunya adalah seng. Pasang seng tesrebut ditas rangkan, pastikan dapat menempel dengan kuat. 

Cara Membuat Kanopi Rumah dengan Baja Ringan
Cara Membuat Kanopi Rumah dengan Baja Ringan

Saat ini kanopi merupakan salah satu tempat yang harus dibuat, karena selain akan membuat teduh di luar rumah juga dapat mempercantik dekorasi rumah anda. Demikian informasi mengenai cara membuat kanopi rumah dengan baja ringan, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan kanopi biaya terjangkau, cara pemasangan kanopi baja ringan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel