-->

Cara Menjadikan Tanah Pekarangan Menjadi Subur

Cara Menjadikan Tanah Pekarangan Menjadi Subur - Pekarangan merupakan salah satu bagian yang sering tidak diamanfatkan, banyak faktor untuk tidak memanfatkan tanah pekarangan tersebut salah satunya adalah tidak subur, padahal tanah pekarangan ini sangat bermanfaat sekali jika dikelola dengan baik dan benar, Contohnya adalah untuk menamam sayur ataupun bunga, namun bagi anda yang terkendala tanah pekarangan yang tidak subur, bagaimana solusinya? berikut ini kami sajikan cara menjadikan tanah pekarangan menjadi subur.

Banyak cara untuk menjadikan tanah pekarangan tersebut menjadi subur, berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan jika ingin menjadikan tanah pekarangan tersebut menjadi subur:

1. Menjaga Mikroorganisme Penyubur Tanah
Salah satu menjaga kesuburan tanah adalah dengan menjaga kehidupan mikrorganisme di dalam tanah tersebut, salah satunya adalah cacing. Biasanya jika tanah tersebut tredapat banyak cacing, maka tnaha itumenandakan bahwa tanah tersebut sangat subur sekali, dan tanah tersebut sangat bagus
untuk proses penanaman.

2. Penambahan Pupuk
Pemberian pupuk ini sangatlah penting untuk menjadikan tanah pekarangan tersebut menjadi subur, untuk menyuburkan tanah ini memerlukan 2 jenis pupuk, yaitu pupuk kompos dan pupuk kandang. berikut ini penjelasan tenatnag masing - masing pupuk tersebut:
  • Pupuk Kandang
Pupuk kandang ini dapat dihasilkan dari hewan ternak seperti kotoran sapi, kambing, ayam dan lainnya, pupuk kandang ini sangat berpengaruh untuk menjadikan tanah pekarangan menjadi subur karena pupuk kandang ini dapat mempercepat penguraian bahan organik serta dapat meningkatkan unsur hara dalam tanah pekarangan tersebut.
  • Pupuk Kompos
Pupuk selanjutnya adalah pupuk kompos, pupuk ini dihasilkan dari jerami, buah - buhan, batang pohon, kerts dan masih banyak lagi, pupuk kompos ini mudah sekali dalam pembuatannya, anda bisa menafaatkan ranting pohon atau kertas yang sudah tidak terpakai dirumah.

Baca Juga:

Jika tanah dirumah anda sudah subur kembali, sekarang anda dapat menanam bunga atau sayuran di pekarangan dengan mudah, agar tanah pekarangan tersebut dapat tetap subur, anda harus sering untuk melakukan penyiraman agar mikroorganisme yang ada di dalamnya dapat hidup dengan baik, karena mikrooragnisme tersbeut sangat berpengaruh sekali untuk penyuburan tanah.


Cara Menjadikan Tanah Pekarangan Menjadi Subur
Cara Menjadikan Tanah Pekarangan Menjadi Subur

Demikian informasi mengenai cara menjadikan tanah pekarangan menjadi subur, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips menjadikan tanah subur dengan cepat, cara menanam sayuran di pekarangan rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel