Cara Pemotongan dan Pemasangan Bata Ringan

Cara Pemotongan dan Pemasangan Bata Ringan - Bata ringan merupakan salah satu jenis material bahan bangunan yang saat ini banyak digunakan masyarakat, selain pemasangannya mudah, dari segi harganya pun sangat terjangkau. Ketika anda memutuskan untuk menggunakan bata ringan untuk rumah anda, maka anda juga harus mengetahui cara pemotongan dan pemasangan bata ringan tersebut. Kali ini kita akan membahas tentang cara pemotongan dan pemasangan bata ringan.

Untuk memotong dan memasang bata ringan sebenarnya mudah sekali dilakukan asalkan tahu teknik dan caranya,. Berikut ini langkah - langkah dalam memotong dan memasang bata ringan:

Cara Memotong Bata Ringan


Pemotongan ini dilakukan apabila terjadi ketidaksesuaian dengan lokasi, dengan begitu pemotongan ini adalah satu solusinya, Sebelum masuk ke proses pemotongan bata ringan ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain sebagai berikut:

Alat dan Bahan:
- Penggaris Siku
- Pensil
- Gergaji

Jika alat dan bahan sudah siap, selanjutnya adalah proses pemotongan bata ringan, berikut ini langkah - langkahnya:
1. Siapkan bata ringan yang akan dipotong
2. Siapkan ukuran yang dibutuhkan
3. Siapkan Penggaris Siku
4. Untuk membuat garis anda dapat memanfaatkan penggaris siku ini
5. Tandai lokasi yang akan di potong dengan menggunakan pensil, pastikan garisnya lurus agar ketika pemotongan menghasilkan pemotongan yang lurus juga.
6. Gergaji pada lokasi yang sudah di tandai tersebut, cara memotongnya adalah dengan perlahan namun pasti
7. Rapikan hasil pemotongan tersebut agar memudahkan pemasangan bata nantinya
8. Bata ringan siap digunakan

Setelah mengetahui cara memotong bata ringan, anda juga harus mengatahui cara pemasangan bata ringan, berikut ini langkah - langkah cara pemasangan bata ringan yang baik dan benar:
Untuk memasang bata ringan sebenarnya hampir sama dengan memasang bata lainnya, hanya terdapat sedikit perbedaan dari segi adonan.

Sebelum masuk ke proses pemasangan bata ringan, ada beberapa alat dan bahan yang harus anda siapkan antara lain sebagai berikut:

Alat dan Bahan:
- Semen Instan
- Centong
- Kuas

Baca Juga:


Jika alat dan bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan langkah selanjutnya yaitu cara memasang bata ringan:
1. Pasang benang sebagai alat pedoman pemasangan bata ringan pada area tersebut.
2. Siram bata ringan tersebut dengan air, tujuannya agar kotoran yang menempel dapat hilang.
3. Siapkan adonan, yang terdiri dari semen morthar dan air, aduk hingga berbentuk seperti pasta kental.
4.  Setelah adonan siap, ambil adonan tersebut dengan centong kemduain letakkan pada bagian atas bata ringan kira - kira dengan ketinggian 2- 3 mm
5. Selanjutnya letakkan bata ringan diatas adonan yang sudah diletakkan tadi.
6. Dalam memasang bata ringan ini teknik pemasangannya sama dengan pemasangan bata merah maupun batako lainnya yaitu dengan selang - seling.

Cara Pemotongan dan Pemasangan Bata Ringan
Cara Pemotongan dan Pemasangan Bata Ringan
Dalam memotong dan memasang bata ringan ini sebenarnya mudah sekali, asalkan sudah mengetahui cara dan tekniknya, anda dapat mencoba tips diatas untuk memotong dan memasang bata ringan. Demikian informasi mengenai cara pemotongan dan pemasangan bata ringan, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips memasang bata ringan, cara memotong bata ringan.
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matching-content-columns-num = 4