Tips Memasang Batu Alam Paling Mudah

Tips Memasang Batu Alam Paling Mudah - Batu alam merupakan salah satu bahan material bahan bangunan yang saat ini banyak digunakan oleh orang untuk mempecantik dekorasi rumah, dengan menggunakan batu alam ini akan membuat rumah anda lebih alami. Ketika anda ingin memasang batu alam tersebut di rumah, maka anda juga harus mengetahui teknik pemasangan batu alam tersebut, kali ini kita akan membahas tentang tips memasang batu alam paling mudah.

Dalam memasang batu alam ini sebenarnya sama dengan pemasangan keramik serta bahan material lainnya, yaitu dengan menggunakan adonan semen dan pasir, karena batu alam ini mempunyai beban yang agak berat daripada keramik, maka terdapat caranya tersendiri dalam pemasangannya. Berikut ini langkah - langkah dalam memasang batu alam dengan mudah:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah awal pemasangan batu alam ini adalah dengan menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan untuk memasang batu tersebut, adapun beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Pasir
- Semen
- Cetok
- Air
- Ember
- Batu Alam

2. Menyiapkan Tempat
Persiapkan tempat yang akan dipasangi batu alam tersebut, pastikan lokasi tersebut bersih agar mudah ketika dipasangi batu alam. Anda dapat melakukan pencucian terlebih dahulu agar debu ataupun kotoran yang menempel dapat hilang.

3. Siram Tempat dengan Air
Siramkan air secukupnya pada bagian yang akan dipasangi batu alam, hal ini bertujuan agar semen yang akan ditaruh di lokasi tersebut dapat menempel dengan baik.

4. Buatlah Ukuran
Agar hasil pemasangan dapat sempurna dan rapi, sebaiknya buatlah ukuran, anda dapat menggunakan benang.

5. Buatlah Adonan Semen, Pasir dan Air
Buatlah adonan semen pasir dan air, pastikan komposisi tersebut tepat, agar adonan mudah diaplikasikan. Anda dapat membuat adonan tersebut di dalam ember maupun media lainnya.

6. Tempelkan adonan
Jika adonan sudah siap, selanjutnya adalah tempelkan adonan tersebut pada bagian yang akan di pasangi batu alam, sebaiknya sebelum proses penempelan, taburkan semen yang kering pada lokasi dan bagian belakang batu alam tersebut tujuannya agar batu alam dapat menempel dengan mudah dan kuat.

7. Aplikasikan Batu Alam
Jika adonan sudah menempel di tempat tersebut, segera aplikasikan batu alam dengan cara menekannya sampai benar - benar menempel dengan kuat.

Baca Juga:


8. Bersihkan Sisa - Sisa Adonan
Jika batu alam sudah menempel dengan baik, selanjutnya bersihkan sisa - siaa adonan semen yang menempel, hal ini agar batu alam yang sudah kita pasang sebelumnya terlihat rapi.

Pemasangan batu alam ini sebenarnya mudah, namun butuh teknik tersendiri, karena batu alam ini mempunyai beban yang agak berat, maka adonan yang pas ukurannya dapat mempermudah proses pemasangan, karena batu alam tersebut akan mudah menempel dan tidak melorot. Apabila anda tidak mempunyai keahlian dalam pemasangan batu alam ini sebaiknya pasrahkan urusan pemasangan batu alam tersebut kepada ahli bangunan yang sudah berpengalaman dengan pemasangan ini. 

Tips Memasang Batu Alam Paling Mudah
Tips Memasang Batu Alam Paling Mudah
Demikian informasi mengenai tips memasang batu alam paling mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara memasang batu alam di dinding, tutorial pemasangan batu alam paling mudah.