Tips Penyimpanan Semen Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Penyimpanan Semen Agar Awet dan Tahan Lama - Semen merupakan salah satu bahan material bahan bangunan, saat ini banyak sekali berbagai maca, merk semen, masing - masing merk tentunya mempunyai keunggulan masing - masing. Jika anda sudah membeli semen tersebut anda juga harus mengetahui cara penyimpanannya, karena dengan penyimpanan yang salah akan membuat semen tersebut menjadi rusak dan tidak dapat digunakan nantinya. Kali ini kita akan membahas tentang tips penyimpanan semen agar awet dan tahan lama.

Untuk menyimpan semen anda dapat mengikuti tips - tips berikut ini:


1. Pastikan Ruangan Penyimpanan Bersih
Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah dengan cara menjaga kebersihan tempat penyimpanan tersebut, karena dengan ruangan yang bersih tentunya udara yang terdapat di dalam ruangan tersebut tidak lembab serta sirkulasi udara tetap teratur.

2. Perhatikan Posisi Penumpukan
Dalam menunpuk semen ada tekniknya sendiri yaitu dengan cara bersilang, caranya sama dengan cara menyusun batu bata, dengan cara ini tentunya tumpukan semen tersebut tidak mudah jatuh.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara
Pastikan ruangan tempat yang anda jadikan untuk menyimpan semen mempunyai sirkulasi udara yang cukup, karena apabila sirkulasi udara kurang, akan menyebabkan semen tersebut menjadi mengeras.

4. Hindarkan dari Sinar Matahari
Dalam menyimpan semen hindarkan dari sinar matahari, anda dapat menyimpan semen tersebut di dalam rumah misalnya. Berikan alas papan pada tumpukan paling bawah, hal ini dimaksudkan agar tidak bersentuhan langsung dengan lantai rumah.

5. Hindarkan dengan Air
Pastikan ruangan untuk menyimpan semen tersebut jauh dari air, karena jika semen tersebut terkena air tidak bisa awet.

6. Gunakan Semen yang Sudah Lama disimpan
Jika anda ingin menggunakan semen tersebut, pilihlah semen yang sudah disimpan lebih lama, hal ini dimaksudkan agar semen yang lama tersebut segera hilang. 

Baca Juga:


7. Pastikan Kemasan Semen Tidak Berlubang
Cek kembali kondisi kemasan semen tersebut, pastikan tidak terdapat kebocoran agar semen yang kita simpan dapat bertahan lama

Untuk menyimpan semen, anda dapat melakukan langkah - langkah diatas, bisanya ketika anda sedang membangun maupun renovasi rumah pastinya terdapat bahan material yang tersisa, salah satunya semen. Agar semen tersebut awet dan dapat anda gunakan lagi, perhatikan penyimpanannya.

Tips Penyimpanan Semen Agar Awet dan Tahan Lama
Tips Penyimpanan Semen Agar Awet dan Tahan Lama
Demikian informasi mengenai tips penyimpanan semen agar awet dan tahan lama, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara menyimpan semen, tutorial penyimpanan semen dengan mudah, cara agar semen lebih awet.