Cara Dak Rumah dari Kayu

Cara Dak Rumah dari Kayu - Rumah merupakan salah satu tempat yang wajib dimiliki oleh seorang keluarga, ditempat inilah anda bersama keluarga menghabiskan hari - hari, banyak hal yang dapat anda lakukan di rumah, seperti beristirahat, memasak, dan lain sebagainya. Bagi anda yang baru ingin membangun sebuah rumah, sebaiknya perhatikan pemilihan model serta bahannya. Jangan lupa untuk menentukan tema terlebih dahulu, apabila anda menginginkan rumah tingkat dan bernaunsa klasik salah satu solusinya yaitu dengan menggunakan kayu sebagai bahan utama pembuatan rumah anda.

Ketika anda membuat sebuah rumah tingkat, maka yang perlu anda lakukan yaitu membuat dak, dak ini berfungsi sebagai lantai kedua pada rumah tersebut, jika anda menginginkan rumah klasik, solusi untuk pembuatan dak nya adalah dengan menggunakan kayu. Kali ini kita akan membahas cara dak rumah dari kayu, sebelum masuk ke proses pembuatan dak rumah dari kayu, ada beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan, berikut ini diantaranya:

- Kayu
- Palu
- Paku
- Gergaji
- Pensil
- Alat Ukur

Dalam pembuatan dak ini menggunakan kayu sebagai bahan utamanya, jadi pilihlah kayu yang mempunyai kualitas terbaik, agar dak tersebut awet nantinya. Untuk kayu anda dapat menggunakan jenis kayu jati. karena kayu ini mudah dijumpai serta sudah terbukti keawetannya, jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu pembuatan dak rumah dari kayu.

1. Pengukuran Luas
Hal pertama yang harus dilakukan yaitu dengan cara melakukan pengukuran pada area yang akan dipasang dak kayu tersebut, setelah itu kita dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu pemotongan dan lain sebagainya. Untuk mengukur luas area tersebut gunakanlah alat ukur, sebaiknya ketika proses pengukuran ini dilakukan secara hati - hati dan teliti, karena dengan kesalahan sedikitpun nantinya akan menggangu proses berikutnya.

2. Pemotongan
Jika pengukuran sudah selesai, dan area yang akan dipotong sudah ditandai, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu pemotongan bahan, karena bahan utama pembuatan dak rumah ini berbahan kayu, maka untuk pemotongannya cukup menggunakan gergaji saja.

3. Pemasangan
Jika bahan sudah siap dan sudah sesuai ukuran pada area tersebut langkah selanjutnya adalah dengan memasang dak rumah dari kayu tersebut, dalam  tahapan ini prosesnya sedikit rumit dan butuh ketelitian, karena anda harus menyusun kayu - kayu tersebut menjadi sebuah lantai, pastikan antara kayu satu dengan yang lainnya dapat menempel dengan kuat, agar dak rumah yang dibuat nantinya dapat bertahan lama dan kuat.

4. Finishing
Jika semua area sudah dipasangi dak dari kayu, langkah selanjutnya adalah proses finishing, pada proses ini pengecekan semua bagian harus dilakukan, jangan sampai ada bagian yang kurang baik. 

Baca Juga:

Bahan untuk membuat dak tersebut sangat banyak sekali, salah satunya adalah dari kayu ini, jika anda menginginkan rumah dengan nuansa klasik, maka pemilihan kayu ini sangatlah tepat, pilihlah kayu dengan kualitas terbaik. Untuk membuat dak rumah dari kayu ini butuh teknik dan pengalaman, jika anda tidak memilikinya serahkan urusan pembuatan dak rumah dari kayu ini kepada orang yang sudah berpengalaman, agar hasil yang didapatkan juga maksimal.

Cara Dak Rumah dari Kayu
Cara Dak Rumah dari Kayu
Demikian informasi mengenai cara dak rumah dari kayu, diharapkan dentgan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips dak rumah dari kayu, bahan dak rumah.