Cara Membuat Etalase dari Kayu

Cara Membuat Etalase dari Kayu - Kayu merupakan salah satu bahan yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk, salah satunya adalah etalase ini, etalase merupakan sebah benda yang biasanya digunakan untuk toko untuk menaruh produk. Bahan untuk membuat etalase ini beraneka ragam, ada yang terbuat dari aluminum, kayu maupun besi.

Jika anda sedang mencari informasi mengenai cara membuat etalase dari kayu, berikut ini kami sajikan informasinya. Bahan kayu ini dipilih karena mempunyai berbagai macam keunggulan, seperti mudah ditemukan, mudah pemasangannya dan masih banyak lagi yang lainnya. Apabila anda ingin membuat etalase dari kayu siapkan alat dan bahan berikut ini:

Alat dan Bahan:
- Kayu
- Gergaji
- Palu
- Kaca
- Alat Ukur
- Pensil

Sebaiknya pilihlah kayu yang mempunyai kualitas baik, agar ketika etalase tersebut sudah jadi akan awet. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu langkah - langkah dalam membuat etalase dari kayu:

1. Pembuatan Konsep
Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membuat etalase dari kayu ini adalah dengan membuat konsep, karena dengan kosep inilah kita akan mempunyai gambaran bahan yang dibutuhkan. Ketika pembuatan konsep ini sebaiknya dilengkapi dengan berbagai macam ukuran.

2. Pengukuran Bahan
Setelah konsep sudah dibuat, selanjutnya adalah pengukuran bahan, sesuaikan dengan konsep yang sudah dibuat sebelumnya. Gunakan alat ukur dan pensil untuk proses pengukuran ini. Untuk melakukan pengukuran sebaiknya dilakukan secara hati - hati dan teliti agar benar.

3. Pemotongan Bahan
Setelah pengukuran selesai, selanjutnya adalah pemotongan bahan tersebut, karena bahan untuk dalam pembuatan elatalse ini terbuat dari kayu, maka untuk memotongnya anda dapat menggunakan gergaji. 

4. Perakitan
Jika semua bahan sudah siap, langkah selanjutnya adalah melakuan perakitan, sesuaikan perakitan ini dengan konsep yang sudah dibuat sebelumnya. Mulailah merakit dari bagian kaki, karena bagian ini merupakan bagian penopang bagian lainnya. Untuk merekatkan satu bagian dengan lainnya gunakanlah paku.

Jika rangka etalase sudah selesai, anda dapat langsung memasang kaca pada etalase tersebut, dalam memasang kaca ini sebaiknya dilakukan secara hati -hati, karena kaca ini mudah pecah.

5. Pengamplasan
Dalam tahap ini sebenarnya etalase sudah jadi dan sudah dapat digunakan, namun untuk membuatnya lebih menarik lagi sebaiknya lakukanlah pengamplasan, karena dengan proses ini permukaan etalase akan halus sehingga dapat anda lakukan pengecetan dll.

Baca Juga:


6. Proses Finishing
Cek antar bagian, pastikan tidak ada yang renggang dan dapat menempel dengan kuat, aplikasikan plitur ataupun cat agar etalase tersebut lebih menarik lagi. Bersihkan dari sisa - sisa pemotongan ataupun pengamplasan sebelum etalase tersebut digunakan.

Cara Membuat Etalase dari Kayu
Cara Membuat Etalase dari Kayu
Dalam membuat etalase ini tidak harus menggunakan kayu yang baru, anda juga dapat menggunakan kayu bekas namun yang mempunyai kualitas bagus. Demikian informasi mengenai cara membuat etalase dari kayu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara pembuatan etalase, tips membuat etalase murah, kreasi perabotan dari kaya bekas.