-->

Cara Membuat Kusen Jendela Kayu

Cara Membuat Kusen Jendela Kayu - Kusen merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah jendela, dengan adanya kusen jendela ini, anda dapat memasang daun dan engsel jendela, saat ini bahan untuk membuat kusen jendela ini beraneka ragam, salah satunya adalah kayu, Bahan ini merupakan yang paling populer untuk membuat kusen. karena selain mudah dijumpai harganya puna relatif murah, tergantung dari kaulitas kayu tersebut. Jika anda sedang mencari informasi mengenai cara membuat kusen jendela berikut ini kami sajikan informasinya.

Kali ini kita akan membahas tentang tips pembuatan kusen jendela dari kayu, sebelum masuk ke proses pembuatan kusen, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan, berikut ini adalah beberapa alat dan bahan untuk membuat kusen jendela:

- Kayu
- Alat Ukur
- Penggaris Siku
- Palu
- Lem Kayu
- Paku

Dalam pemilihan bahan untuk membuat kusen jendela ini sebaiknya pilihlah bahan yang mempunyai kaulitas terbaik, salah satunya adalah kayu, cek kondisi kayu tersebut, apakah terdapat kerusakan atupun tidak, karena jika hal itu terjadi akan berdampal terhadap keawetan kusen yang akan dibuat nantinya.

Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu proses pengukuran bahan, pemotongan bahan, serta perangkaian bahan mejadi bentuk kusen jendela., Anda dapat mengikuti beberapa langkah - langkah dibawah ini:

1. Pembuatan Pola
Langkah awal dalam pembuatan kusen jendela ini adalah pembuatan  pola, untuk pola kusen jendela berbeda dengan kusen pintu, karena kusen jendela harus menggunakan kayu sebanyak 4, Yaitu bagian atas, samping kanan kiri dan bawah. Untuk ukurannya dapat anda buat persegi maupun  persegi panjang, sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk mempermudah proses pembuatan kusen jendela, gambarlah pola tersebut pada sebuah kertas, lengkapi pola tersebut dengan ukuran agar mempermudah perangkain, pemotongan dan lain sebagainya.

2. Pengukuran Bahan
Jika pola sudah digambar, langkah selanjutnya yaitu pengukuran bahan, karena bahan yang ada tentunya tidak sesuai dengan ukuran kusen yang akan dibuat nantinya. Untuk proses pengukuran ini anda dapat menggunakan alat ukur, tandai pada area yang akan dipotong, agar ketika proses pemotongan mudah dan tidak salah tempat.

3. Pemotongan Bahan
Karena bahan yang kita gunakan adalah kayu, jadi untuk memotongnya cukup menggunakan gergaji saja, potonglah pada lokasi yang sudah ditandai sebelumnya, dalam memotong ini lakukan secara hati - hati, agar hasil pemotongan rapi.

4. Perangkaian
Dalam merangkai kusen jendela ini dapat menggunakan lem kayu, pasang setiap bagian sesuai dengan pola yang dibuat sebelumnya. Anda dapat menggunakan penggaris siku untuk mendapatkan kusen yang lurus. Untuk memperkuat kusen jendela tersebut berikan paku pada sambungan tersebut.

Baca Juga:


5. Pengamplasan
Untuk mendapatkan kusen jendela yang halus anda harus melakukan pengamplasan, anda dapat mengikuti tutorial tentang pengamplasan kayu pada artikel sebelumnya.

Cara Membuat Kusen Jendela Kayu
Cara Membuat Kusen Jendela Kayu
Untuk membuat kusen jendela ini membutuhkan teknik khusus, jadi apabila anda tidak memiliki teknik tersebut sebaiknya serahkan urusan pembuatan kusen jendela ini kepada ahli yang sudah berpengalaman dalam pembuatan kusen kayu. Demikian informasi mengenai cara membuat kusen jendela kayu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan kusen jendela, cara merangkai kusen jendela, model kusen jendele minimalis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel