Cara Menambal Pipa Paralon yang Bocor

Cara Menambal Pipa Paralon yang Bocor - Pipa paralon merupakan salah satu bahan material banguanan yang biasanya untuk mengalirkan air dari sumur ke tandon air maupun ke media lainnya. Pipa paralon yang sudah dipasang dapat mengalami kerusakan salah satunya adalah terjadinya kebocoran pada pipa tersebut, hal ini disebabkan oleh banyak hal seperti kualitas pipa paralon yang kurang bagus, terjadinya benturan dengan benda lain dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lalu jika hal itu terjadi, bagaimana cara mengatasinya? Salah satu caranya adalah dengan menambal pipa paralon yang bocor tersebut, kali ini kita akan membahas tentang cara menambal pipa paralon yang bocor dengan mudah. Untuk menambal pipa paralon tersebut membutuhkan beberapa alat dan bahan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

- Sealtape
- Lem Pipa Paralon

Selatape dan lem pipa paralon banyak sekali jenis dan merknya, sebaiknya pilihlah produk yang mempunyai kualitas terbaik, agar ketika digunkan dapat memberikan hasil yang maksimal nantinya, Anda dapat konsultasi terlebih dahulu dengan penjual tentang merk dan jensi produk mana yang mempunyai kualitas terbaik serta cara pengaplikasiannya. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses berikutnya yaitu langkah - langkah cara menambal pipa paralon yang bocor:

1. Cari Lokasi Kebocoran
Cek letak terjadinya kebocoran tersebut, untuk mengetesnya anda dapat menyalakan pompa air sehingga air dapat melintasi instalasi pipa paralon tersebut. Jika ada bagian yang bocor sebaiknya lakukan penandaan agar mudah kita dalam memperbaiki nantinya.

 2. Cara Penambalan Pipa Paralon Berdasarkan Letak Kebocoran
  • Kebocoran Pada Bagian Sambungan yang Mempunyai Drat
Jika kebocoran terjadi pada sambungan pipa paralon yang mempunyai drat, cara mengatasinya adalah buka kembali tutup pada sambungan yang ada, kemudian berikan sealtape agar nantinya kuat, sebelum menutup oleskan lem pipa paralon pada sambungan tersebut agar dapat menempel dengan kuat dan tidak mudah lepas, jadi untuk menangani kebocoran pada bagian sambungan anda dapat mengandalkan sealtape dan lem pipa paralon. 
  • Kebocoran Pada Badan Pipa
Untuk mengatasi kebocoran pada bagian badan pipa, caranya adalah dengan cara mengoleskan lem pada bagian yang bocor tersebut, pastikan lubang yang bocor tersebut dapat tertutupi.
  • Kebocoran Pada Bagian Sambungan yang Tidak Memiliki Drat
Apabila terjadi kebocoran pada bagian sambungan yang tidak memilik drat, anda dapat menggunakan lem pipa paralon saja, pastikan sambungan tersebut dapat menempel dengan kuat.

Baca Juga:


3. Proses Uji Coba
Jika semua bagian sudah ditambal, anda dapat melakukan uji coba, caranya adalah nyalakan pompa air , pastikan air dapat mengalir pada bagian yang bocor tersebut, jika tidak terdapat air yang keluar pada bagian yang bocor, artinya proses penambalan berhasil.

Cara Menambal Pipa Paralon yang Bocor
Cara Menambal Pipa Paralon yang Bocor
Untuk menambal pipa paralon ini mudah sekali, namun ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan, Demikian informasi mengenai cara menambal pipa paralon yang bocor, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips mengatasi kebocoran pada pipa paralon, tips menambal pipa paralon.
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matching-content-columns-num = 4