-->

Cara Menjernihkan Air Kolam Berwarna Hijau dengan Mudah

Cara Menjernihkan Air Kolam Berwarna Hijau dengan Mudah - Kolam merupakan salah satu tempat untuk memelihara ikan, biasanya kolam ini juga terdapat di sebuah rumah. Selain untuk memlihara ikan, kolam ini juga dapat dijadikan sebagai dekorasi rumah. Ketika anda sudah membangun kolam, maka kolam tersebut haruslah di rawat agar tidak menyebabkan air kolam tersebut berwarna hijau, jika anda sedang mencari informasi mengenai cara menjernihkan air kolam berwarna hijau berikut ini informasinya.

Kali ini kita akan membahas cara - cara untuk menjernihkan air kolam dengan mudah. Namun sebelum masuk ke proses penjernihan air kolam, mari kita ketahui dulu apa saja faktor yang menyebabkan air kolam menjadi berwarna hijau, berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

1. Letak Kolam
Faktor yang pertama adalah letak kolam, karena dengan meletakkan kolam di bawah sinar matahari langsung tanpa adanya penghalang, maka dapat membuat air di dalam kolam tersebut berubah warna menjadi hijau. Karena dengan sinar matahri langsung, akan mempercepat pertumbuhan lumut yang terdapat di kolam tersebut. Oleh karena itu ketika anda ingin membuat kolam, anda juga harus memerhatikan kondisi lingkungan sekitar, sebaiknya hindari dari paparan sinar matahari secara langsung.

2. Terkena Air Hujan
Karena kolam ini berada di luar rumah, maka air hujan sering masuk, faktor air hujan menjadi salah satu penyebab air kolam berubah menjadi warna hijau. Karena dengan air hujan tersebut juga dapat mempercepat pertumbuhan lumut di dalam kolam yang akan menyebabkan perubahan warna hijau.

3. Jenis Ikan
Ketika anda membuat sebuah kolam di rumah, maka anda juga harus memerhatikan ikan apa saja yang cocok untuk mengisi kolam tersebut, namun dari beberapa jenis ikan juga dapat menyebabkan perubahan warna air kolam, seperti ikan nila. Kotoran dari ikan ini dapat membuat air kolam anda berubah warna hijau.

4. Jumlah Ikan
Ketika anda membuat kolam, sebaiknya sesuaikan dengan jumlah ikan yang akan di masukkan ke dalam kolam tersebut, karena jika jumlah ikan dan ukuran kolam tidak sesuai dapat menyebabkan perubahan warna air dari kolam. Jumlah ikan yang banyak pastinya kotoran yang dihasilkan juga banyak, oleh sebab itu penyesuaian jumlah ikan dan ukuran kolam itu penting untuk menjernihkan air kolam berwarna hijau.

5. Melakukan Pengurasan
Untuk menjernihkan air kolam berwarna hijau solusinya adalah melakukan pengurasan. Kegiatan pengurasan ini bertujuan untuk mengganti air kolam yang sudah berubah warna menjadi warna air yang baru. Untuk proses pengurasan kolam ini dapat anda lakukan misalnya minimal 1 bulan sekali.

Baca Juga:

Perawatan kolam harus dilakukan secara berkala, karena dengan air kolam yang bersih akan membuat ikan yang terdapat di kolam tersebut akan tumbuh dengan baik, serta dengan kolam yang bersih dapat mempercantik dekorasi rumah anda pastinya. 

Cara Menjernihkan Air Kolam Berwarna Hijau dengan Mudah
Add captionCara Menjernihkan Air Kolam Berwarna Hijau dengan Mudah
Demikian informasi mengenai cara menjernihkan air kolam berwarna hijau dengan mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips mengatasi air kolam berwarna hijau, cara merawat air kolam rumah, cara menguras air kolam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel