-->

Perbedaan Dinding Bata, Kayu, Batu Alam dan Batako

Dinding merupakan salah satu bagian yang terdapat di dalam suatu bangunan, Banyak seali bahan - bahan untuk membuat dinding ini, seperti dinding batu alam, beton, batu bata, kayu, batako dan lain sebagainya, jika anda sedang mencari informasi mengenai jenis - jenis dinding berikut ini informasinya.

Kali ini kita akan membahas tentang apa saja sih jenis - jenis dinding itu, sebelum anda membuat rumah anda harus juga tahu jenis dinding dan keunggulannya masing - masing, agar anda dapat menentukan jenis dinding mana yang cocok untuk rumah anda nantinya, Berikut ini beberapa jenis dinding dan penjelasannya:

1. Dinding Bata
Dinding yang peratma yaitu dinding bata, jenis dinding ini merupakan jenis dinding yang paling banyak digunakan, saat ini ada berbagai macam jenis bata, seperti bata merah, bata putih, bata ringan dll. Dengan menggunakan dinding bata ini bangunan rumah akan terlihat rapi dan kuat. Untuk membangun rumah dengan bata ini membutuhkan bahan lainnya seperti semen, pasir dan air.

Harga bata beraneka ragam, tergantung kualitas bata itu sendiri, sebelum membeli sebaiknya lakukan pengukuran luas yang akan dibangun menggunakan bata ini,  agar nantinya anda dapat memperkirakan kira - kira bata yang dihabiskan.

2. Dinding Kayu
Bagi anda yang suka dengan rumah bertema klasik, pemilihan dinding kayu merupakan salah satu caranya. Dinding kayu selain memberikan kesan klasik, perawatan rutin juga harus dilakukan, karena kayu mudah sekali rapuh dan dimakan rayap. Namun dengan perawatan yang tepat dan baik akan membuat dinding kaya anda awet. 

Pilihlah kayu yang mempunyai kualitas terbaik, agar ketika di pasang dan dijadikan dinding hasil yang didapatkan juga maksimal.

3. Dinding Batu Alam
Dinding jenis ini akan memberikan kesan alami, dinding batu alam ini terbuat dari batuan kali atau batu cadas, dalam pemasangan dinding batu alam ini membutuhkan bahan semen, pasir dan air. Untuk teknik pemasangannya hampir sama dengan pemasangan dinding bata yaitu dengan selang seling. 

Bagi anda yang menginginkan mempunyai rumah benuansa alami, pemilihan batu alam ini sangat cocok. Namun harga batu alam ini agak mahal dibandingkan dengan batu bata biasa.

Baca Juga:


4. Dinding Batako
 Batako merupakan salah satu matrial bangunan yang terbuat dari batu buatan yang tidak dibaka, berbeda dengan batu bata merah, batako ini tidak memerlukan proses pembakaran. Dengan membuat bataoko sendiri biaya yang dikeluarkan juga hemat. Untuk pemasangan batako ini sama dengan pemasangan bata lainnya, namun batok ini memerlukan penguat, yang biasanya terdiri dari kolom dan balok beton bertulang yang dicor pada lubang - lubang batoko tersebut.

Jenis - Jenis Dinding
Jenis - Jenis Dinding
Jadi, apabila anda membangun rumah pemilihan bahan, jenis dinding dan lain sebgaianya itu harus diperhatikan, anda juga harus tahu keunggulan dan kekurangan masing - masing bahan. Demikian informasi mengenai jenis - jenis dinding, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang jenis dinding untuk rumah, bahan - bahan dinding.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel