Konstruksi Menara Tandon Air

Konstruksi Menara Tandon Air - Tandon air merupakan salah satu peralatan yang digunakan untuk menyimpan air sementara dalam jumlah tertentu sebelum digunakan, Tandon air ini digunakan untuk menampung air yang dialirkan oleh pompa air dari sumur, biasanya ketika menggunakan tandon air, pompa air tersebut sudah diatur menyala otomatis jika batas air yang terdapat di dalam tandon air tersebut berkurang, dengan begitu anda tidak perlu lagi untuk repot untuk melakukan pengecekan.

Ketika anda ingin menggunakan tandon air ini, maka anda juga harus mempersiapkan tempat tandon tersebut, tandon ini harus diletakkan di ketinggian, agar air dapat dengan mudah mengalir ke bawah. Salah satu cara untuk menaruh tandon air tersebut adalah dengan membuat tempat khusus yang sering disebut dengan menara tandon air, jika anda sedang mencari informasi mengenai konstruksi menara tandon air, berikut ini infomarasinya, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat menara tandorn air dengan mudah.

Untuk membuat tandon ini memerlukan alat dan bahan, berikut ini beberapa diantaranya:

- Besi
- Mesin Las
- Alat Ukur
- Kuas
- Cat

Dalam pembuatan konstruksi menara tandon air menggunakan besi sebagai bahan utamanya, besi ini dipilih karena selain mempunyai sifat yang kuat, besi juga mudah dijumpai serta mudah untuk dibentuk. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu pembuatan konstruksi menara tandon air.

1. Pembuatan Konsep Desain Menara Tandon Air
Pertama - tama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat konsep desain menara tandon air tersebut, dalam pembuatan konsep ini sebaiknya dibuat berdasarkan lokasi penempatannya agar ketika nanti sudah jadi akan mudah dilakukan pemasangan. Gambarlah konsep tersebut di sebuah kertas maupun media lainnya. Sertakan ukuran dari masing - masing bagian agar mempermudah proses pemotongan dan perangkaian nantinya.

2. Pengukuran dan Pemotongan
Jika konsep sudah selesai, langkah selanjutnya yaitu proses pengukuran, proses ini dilakukan sebelum masuk ke dalam proses pemotongan. Gunakanlah alat ukur, sesuaikan dengan ukuran yang terdapat dalam konsep yang sudah dibuat sebelumnya. 

Jika sudah dipastikan letaknya, anda dapat melakukan proses selanjutnya yaitu pemotongan. Untuk memotong bahan tersebut sebaiknya dilakukan secara teliti, supaya ukuran dapat sesuai dengan yang dibutuhkan nantinya.

3. Perangkaian
Jika semua bagian sudah siap, anda dapat memulai proses perangkaian, mulailah perangkaian dari bagian bawah atau kaki, karena pada bagian ini nantinya yang dapat menopang bagian lainnya. Pastikan bagian yang satu dengan yang lainnya dapat menempel dengan  kuat, agar ketika menara tandon air tersebut digunakan tidak cepat rusak.

4. Pengecetan
Untuk membuat menarik dan mencegah terjadinya karat, aplikasikan cat pada permukaan menara tandon air tersebut, sesuaikan warna yang anda sukai. Gunakan kuas untuk melakukan pengecetan tersebut, ulangi pengecetan beberapa kali, agar hasil pengecetan merata dan bagus.

Baca Juga:

Dengan membuat konstruksi menara tandon sendiri, dapat memperlancar aliran air tersebut serta anda tidak perlu lagi bingung tempat untuk menaruh tandon air tersebut, biasanya tandon ini berukuran besar, kalau tidak dibuatkan tempat khusus pastinya dapat memenuhi space rumah anda. Dalam pembuatan konstruksi menara tandon air ini membutuhkan alat dan teknik khusus, jika anda tidak memiliki hal itu sebaiknya pasrahkan urusan pembuatan menara tandon air tersebut kepada ahli yang sudah berpengalamamn agar hasilnya pun maksimal.

Konstruksi Menara Tandon Air
Konstruksi Menara Tandon Air
Demikian informasi mengenai konstruksi menara tandon air, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara pembuatan menara tandon air, contoh konsep menara tandon air dari besi.