Cara Memasang Kalsiboard Untuk Dinding

Cara Memasang Kalsiboard Untuk Dinding - Kalsiboard merupakan salah satu jenis material bahan bangunan, fungsi kalsiboard ini bukan hanya sebagai plafon saja, namun juga dapat dijadikan dinding. Jika anda sedang mencari informasi mengenai cara memasang kalsiboard untuk dinding berikut ini informasinya. Kali ini kita akan membahas tentang cara menggunakan kalsiboard sebagai dinding atau penyekat ruangan.

Banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan apabila menggunakan kalsiboard ini sebagai dinding atau penyekat ruangan, salah satunya adalah hemat biaya. Harga kalsiboard ini tergolong murah dibandingkan anda membuat penyekat ruangan dari tembok ataupun kayu. Sebelum membuat dinding dari kalsiboard ini, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan antara lain adalah sebagai berikut:

- Kalsiboard
- Gergaji
- Spidol
- Alat Ukur Meteran
- Paku Khusus
- Kayu
- Penggaris
- Cutter

Jika, semua alat dan bahan diatas sudah siap semua. Anda dapat memulai pembuatan dinding dari kalsiboard ini, Berikut ini langkah - langkah yang dapat anda lakukan dalam memasang kalsiboard untuk dinding:

1. Tentukan Lokasi
Langkah awal dalam memasang kalsiboard untuk dinding ini adalah dengan cara menentukan lokasi yang akan dipasangi, dengan begitu nantinya kita dapat memperkirakan jumlah serta ukuran yang dibutuhkan. 

2. Pengukuran
Jika lokasi yang akan dipasangi kalsiboard sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pengukuran pada area tersebut, hal ini berfungsi untuk menentukan ukuran rangka yang akan dibuat. Ukurlah area tersebut menggunakan alat ukur meteran, pastikan dalam melakukan pengukuran ini teliti agar ukuran yang didapatkan pas.

3. Pemotongan
Apabila semua ukuran masing - masing sudah diketahui, langkah selanjutnya adalah pemotongan. Tentunya bahan - bahan yang sudah ada tidak sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, oleh karena itu harus dilakukan pemotongan. Ukur sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan sebelumnya. Untuk mempermudah proses pemotongan tandai lokasi yang akan dipotong dengan menggunakan spidol, jika perlu buatlah garis lurus, agar nantinya ketika proses pemotongan rapi.

4. Proses Pemasangan
Bagian ini merupakan bagian inti dari proses pemasangan kalsiboard untuk dinding, pada tahap ini terdapat 2 bagian, yaitu pemasangan kayu sebagai rangkanya, dan pemasangan kalsiboard. Berikut ini penjelasan masing - masing tahapannya:

- Pemasangan Rangka Kayu
Pasanglah kayu tersebut di area yang akan dipasangi kalsiboard, sesuaikan model dengan konsep yang sudah dibuat sebelumnya, untuk merekatkan satu bagian dengan  lainnya gunakanlah paku. Ketika proses pemasangan ini pastikan semua bagian menempel dengan baik, agar tidak mudah rusak.

- Pemasangan Kalsiboard
Jika rangka sudah selesai, anda dapat langsung memasang kalsiboard ini. Pemasangan kalsiboard ini tepat berada di atas rangka yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk menempelkannya dapat menggunakan paku khusus.

5. Proses Finishing
Tahap ini merupakan bagian akhir dari pemasangan kalsibord untuk dinding, pada tahap ini anda dapat mendempul tiap sambungan agar terlihat menyatu dan bagus. Untuk membuat menarik, aplikasikan cat tembok, sesuaikan warna sesuai dengan konsep dari ruangan tersebut, agar kesan serasi dapat dimunculkan.

Baca Juga:
Banyak sekali manfaat kalsiboard ini, salah satunya adalah untuk digunakan sebagai dinding, dengan menggunakan kalsiboard nantinya anda dapat dengan mudah untuk memindahkan apabila sudah tidak digunakan, karena mempunyai sifat tidak permanen. 

Cara Memasang Kalsiboard Untuk Dinding
Cara Memasang Kalsiboard Untuk Dinding
Demikian informasi mengenai cara memasang kalsiboard untuk dinding, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemasangan kalsiboard sebagai dinding, cara membuat penyekat ruangan dari kalsiboard, manfaat kalsiboard.