-->

Cara Membuat Penutup Selokan Paling Mudah

Cara Membuat Penutup Selokan Paling Mudah - Selokan merupakan bagian penting di suatu lingkungan rumah, karena degan adanya selokan ini air dapat mengalir dengan baik serta terhindar dari yang namanya genangan, lalu bagaimana cara membuatnya? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat selokan paling mudah.

Selokan ini perlu dituutp agar tidak menimbulkan bau serta tidak membahayakan karena sampah atau lainnya dapat terjebur. Untuk membuat penutup selokan kali ini menggunakan bahan utama adukan semen dan besi, Berikut ini beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan ketika anda ingin membuat penutup selokan.

- Semen
- Pasir
- Air
- Besi
- Kawat
- Tang
- Cetok
- Papan
- Gergaji

Jika alat dan bahan diatas sudah siap semua, anda dapat melanjutkan proses pembuatan penutup selokan ini, adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut ini:

1. Pembuatan Konsep
Pertama - tama yng harus anda lakukan adalah dengan pembuatan konsep terlebih dahulu, untuk pembuatan konsep ini harus sesuai dengan kondisi sebenarnya. Mulai dari bentuk, ukuran dan lain sebagainya. Untuk memudahkan gambarlah konsep tersebut di kertas atau media lainnya.

2. Perangkaian Besi
Apabila konsep yang akan dibuat sudah jadi, langkah selanjutnya adalah merangkai besi menjadi rangka yang sudah dibuat pada konsep sebelumnya. Besi ini nantinya untuk digunakan pada saat pengecoran. Untuk merangkai besi ini gunakan kawat untuk merekatkan bagian satu dengan lainnya.

3. Pembuatan Papan Kotak
Agar memudahkan dalam pembuatan penutup selokan ini, sebaiknya buatlah bentuk papan kotak, tujuannya untuk menampung adukan agar tidak tumpah.

4. Pembuatan Adukan
Langkah selanjutnya adalah untuk membuat adukan, persiapkan semen, air dan pasir. Sesuaikan ukurannya pastikan mempunyai takaran yang pas. Kemudian aduk hingga merata, pastikan adukan tersebut sudah matang sebelum digunakan.

5. Proses Pembuatan
Jika rangkaian besi, papan kotak dan adukan sudah siap. Anda dapat memulai proses pembuatan penutup selokan ini, adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

- Masukkan Besi ke dalam kotak yang sudah disiapkan.
- Pastikan posisinya bagus, artinya tidak miring.
- Sirami papan kotak dan besi tersebut dengan air secukupnya, tujuannya agar adukan semen nantinya dapat menempel dengan baik.
- Masukkan adukan tersebut ke dalam papan kotak, untuk banyaknya sesuaikan degan ketebalan yang anda inginkan. Semakin tebal tentunya semakin kuat juga.
- Diamkan hingga adukan tersebut kering.
- Jika dirasa sudah kering, anda dapat melepaskan papan kotak tersebut.
- Taruh pada selokan yang akan diberikan penutup.

Baca Juga:
Banyak sekali bahan yang dapat digunakan untuk membuat penutup selokan ini, Seperti besi, semen, kayu dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi, sesuaikanlah dengan kebutuhan anda yang mana yang suka dan cocok.


Cara Membuat Penutup Selokan Paling Mudah
Cara Membuat Penutup Selokan Paling Mudah
Demikian informasi mengenai cara membuat penutup selokan paling mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan penutup selokan, bahan - bahan untuk membuat penutup selokan, konsep desain selokan rumah minimlis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel