Cara Membuat Steger Kayu

Cara Membuat Steger Kayu - Steger merupakan salah satu alat yang biasaya digunakan untuk membangun atau memperbaiki rumah yang umumnya berada di ketinggian, steger ini fungsinya hampir sama dengan tangga. Namun dengan menggunakan steger ini anda dapat naik serta duduk diatasnya sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan. Bayak sekali bahan untuk membuat steger ini mulai dari kayu, bambu dan besi. 

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat steger kayu, untuk membuat steger kayu ini membutuhkan beberapa alat dan bahan. Beberapa diantaraya adalah sebagai berikut ini:

- Kayu
- Palu
- Paku
- Alat Ukur
- Gergaji
- Pensil
- Kawat

Kayu yang dipilih sebaiknya yang mempunyai tekstur kuat, dengan begitu ketika steger tersebut digunakan akan aman. Anda dapat menggunakan kayu seperti kayu jati. Karena kayu ini mempunyai tekstur yang kuat, jadi sagat cocok untuk anda gunakan. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan steger. 

Berikut ini beberapa langkah - langkah dalam pembuatan steger kayu.

1. Pembuatan Konsep Steger Kayu
Pertama - tama buatlah konsep steger kayu ini, dalam pembutan steger ini sebaiknya dibuat berdasarkan fungsi dan kebutuhan batik dari segi ukuran, ketinggin dan model. Umumnya steger ini memiliki 4 kaki. Untuk mempermudah proses pembuatan steger kayu ini sebaiknya digambar terlebih dahulu di sebuah kertas, dengan begitu nantiny anda dapat mempunyai pedoman dalam perangkaian steger tersebut.

2. Pengukuran Bahan
Jika konsep selesai dibuat, anda dapat melakukan pengukuran bahan. Dalam melakukan pengukuran ini sebaiknya dilakukan dengan teliti dan disesuaikan dengan konsep yang sudah dibuat sebelumnya, karena dengan ukuran yang sesuai tentunya memudahkan kita dalam proses perangkaian nantinya. Untuk memudahkan proses pemotongan, setelah melakukan pengukuran sebaiknya berikan tanda pada area tersebut.

3. Pemotongan Bahan
Jika pengukuran sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah pemotongan bahan. Untuk memotong kayu ini cukup dengan menggunkan gergaji. Potonglah pada area yang sudah ditandai sebelumnya. 

4. Perangkaian
Jika semua bahan sudah siap, anda dapat langsung merangkai semua bagian tersebut. Untuk merangkainya mulailah pada bagian kaki terlebih dahulu. Untuk merekatkan satu bagian dengan lainnya. Gunankanlah paku, pastikan ukuran paku tersebut sesuai dengan ukuran kayu, agar ketika paku terpasang tidak menyebabkan kayu tersbeut menjadi pecah dan rusak. Agar lebih kuat , anda dapat menambahkan ikatan dari kawat.

Baca Juga:
5. Finishing
Tahap akhir dari pembuatan steger ini adalah dengan cara merapikan antar bagian tersebut serta melakukan pengecekan apakah semua terpasang dengan aman atau tidak.

Cara Membuat Steger Kayu
Cara Membuat Steger Kayu
Steger ini sangat bermanfaat sekali dalam pembangunan rumah atau perbaikan rumah yang berada di ketinggian. Demikian informasi mengenai cara membuat steger kayu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan steger kayu, desain steger kayu.