Cara Membuat Talang Air dari Beton dengan Mudah

Cara Membuat Talang Air dari Beton dengan Mudah - Ketika anda membangun rumah, maka persiapan itu penting, baik dari model hingga proses finishing. Begitu juga dengan sistem pembuangan air hujan harus diperhatikan dengan baik. Banyak sekali bahan untuk membuat talang air ini, salah satunya dari beton. Masing - masing bahan tentunya memiliki keunggulan tersendiri, jika anda sedang mencari informasi mengenai cara membuat talang air dari beton dengan mudah berikut ini infiormasinya.

Kali ini kita akan membahas tentang tips pembuatan talang air dengan beton, sebelum memulai proses pembuatan talang air ini, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan seperti:

- Semen
- Pasir
- Cetok
- Kawat Cor
- Papan
- Air

Jika semua alat dan bahan diatas anda dapat memulai proses pembuatan talang air dari beton ini, adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Pembuatan Konsep Desain
Dalam membuat talang air ini tahap pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat konsep desain talang air yang akan dibuat nantinya,  konsep tersebut dibuat berdasarkan dengan kondisi yang terdapat pada lingkungan yang ada. Yaitu meliputi bentuk, ukuran serta arah aliran air nantinya. Dengan pembuatan konsep yang baik, nantinya ketika hujan air tersebut akan mengalir dengan benar.

2. Perangkaian Kawat dan Besi Cor
Untuk pembuatan talang air dari beton ini memerlukan kawat dan besi cor agar mempunyai daya yang kuat, jadi sesuaikan bentuk serta panjang kawat dan besi tersebut sesuai dengan konsep yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Proses Pembuatan Adukan
Buatlah adukan sesuaikan volume air dengan banyaknya semen dan air, aduk hingga merata. Pastikan adukan tersebut matang dan sudah siap digunakan.

4. Proses Pembuatan
Jika adukan dan bahan lainnya sudah siap, anda dapat langsung memulai pembuatan talang air dari beton ini, adapun  langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

- Pasang Kawat dan Besi
Pertama - tama pasanglah kawat dan besi yang sudah dibuat sebelumnya pada lokasi yang akan dibuat talang air.

- Pasang Papan 
Papan ini nantinya untuk menahan agar adukan yang sudah ditaruh di dalamnya tidak tumpah, pasanglah mengikuti besi dan kawat yang sudah dipasang sebelumnya.

- Tuangkan adukan
Jika sudah siap, tuangkan adukan yang sudah dibuat sebelumnya, untuk menuangkan adukan tersebut sebaiknya dilakukan secara hati - hati agar tidak tumpah. Tuangkan hingga besi dan kawat tersebut tertupi dan tidak terlihat.

- Diamkan hingga kering
 Diamkan beberapa hari, agar adukan tersebut benar - benar kering dan keras.

5. Proses Finishing
Jika adukan tersebut dirasa sudah kering, langkah selanjutnya adalah dengan melepaskan papan kayu yang masing terpasang pada talang air tersebut. Rapikan sisa - sisa adukan yang menempel.

Baca Juga:
Talang air ini penting sekali bagi suatu bangunan, karena dengan adanya sistem talang air yang baik maka air hujan akan mengalir dengan baik serta tidak menimbulkan genangan di sekitar rumah anda, banyak sekali bahan untuk membuat talang air ini, jadi sesuaikanlah dengan kebutuhan anda.

Cara Membuat Talang Air dari Beton dengan Mudah
Cara Membuat Talang Air dari Beton dengan Mudah
Demikian informasi mengenai cara membuat talang air dari beton, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tutorial pembuatan talang air dari beton, konsep desain talang air beton, talang air beton minimalis.