-->

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung - Kipas angin merupakan salah satu alat elektronik yang mempunyai banyak manfaat dalam sebuah rumah, kipas angin ini membantu melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah sehingga udara tersebut tidak panas. Semua alat elektronik pasti terdapat kerusakan begitu juga kipas angin ini, salah satu permasalahan pada kipas angin adalah terjadinya dengungan ketika dinyalakan. Lalu bagaimana cara mengetasinya? Kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki kipas angin berdengung.

Sebelum masuk ke dalam proses perbaikan, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan anatara lain adalah sebagai berikut:
- Obeng
- Kipas Angin

Berikut ini langkah - langkah dalam memperbaiki kipas angin berdengung

1. Siapkan Lokasi
Sebaiknya pilihlah lokasi perbaikan yang nyaman, punya penerangan yang cukup, agar ketika dalam proses perbaikan kipas angin dapat berjalan dengan mudah dan lancar.

2. Buka Penutup Depan
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka cover kipas angin tersebut. 

3. Lepaskan Baling - Baling
Selanjutnya lepas baling - baling yang masih menempel pada kipas angin, untuk melepas baling - baling ini beraneka ragam caranya, ada yang dengan memutar dan ada juga yang menggunakan baut.

4. Lepaskan Bearing
Cek apakah bearing tersebut terjadi keausan atau tidak, apabila terjadi gantilah dengan yang baru. Bearing ini mudah dijumpai dipasaran, sebaiknya pilihlah sparepart yanng berkualitas agar nantinya awet.

5. Bersihkan Kotoran yang Menempel
Agar kotoran yang menempel pada mesin kipas angin tersebut, bersihkanlah dengan menggunakan kuas dan cairan thinner, dengan begitu kotoran yang menempel akan mudah hilang. Bersihkan juga as kipas angin, gunakanlah kain yang bersih untuk membersihkannya, berikan sedikit vaslin , untuk memberikannya yang pas, jangan sampai kebanyakan. Oleskan pada bagian as saja bukan bagian lain.

6. Pasang Kembali Seluruh Komponen
Jika semua sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah dengan memasang seluruh komponen seperti semula. Pastikan antar bagian dapat terpasang dengan baik.

Baca Juga:
7. Uji Coba
Jika semua bagian sudah terpasang, langkah terakhir yaitu dengan melakukan uji coba. Colokkan kabel tersebut pada stop kontak, kemudian pencet tombolnya apabila kipas sudah menyala dan dengungan tersebut hilang berarti proses perbaikan kita berhasil.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung
Cara Memperbaiki Kipas Angin Berdengung
Untuk memperbaiki kipas angin berdengung ini membutuhkan teknik khusus, oleh sebab itu apabila anda tidak memilikinya sebaiknya serahkan urusan perbaikan kipas angin kepada seorang ahli yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. Demikian informasi mengenai cara memperbaiki kipas angin berdengung, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips perbaikan kipas angin, solusi mengatasi kipas angin berdengung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel