Cara Menambal Terpal yang Bocor dengan Mudah

Cara Menambal Terpal yang Bocor dengan Mudah - Terpal merupakan salah satu jenis barang yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Misalnya untuk pembuatan kolam, sebagai penahan air dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun terpal ini juga dapat mengalami kebocoran, faktor penyebab kebocoran ini banyak sekali, seperti terkena benda yag tajam atau terpal tersebut sudah berumur. Lalu adakah cara mengatasinya? Tentu saja ada. Kali ini kita akan membahas tentang cara menambal terpal yang bocor dengan cara penambalan.

Untuk melakukn penambalan ini ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan antara lain sebagai berikut:

- Terpal yang Akan di Tambal
- Amplas
- Setrika
- Gunting
- Lem Aibon
- Media yang Datar
- Plastik 
- Kertas

Lem aibon ini dapat anda dapat di toko - toko terdekat, untuk amplas sesuaikan jenisnya, karena jenis amplas banyak sekali mulai dari halus sampai yang kasar. Kalau media yang datar ini nantinya digunakan untuk melakukan penambalan dan penyetrikaan, anda dapat menggunakan triplek, papan atau lantai keramik. Jika semua alat dan bahan  sudah siap, anda dapat memulai proses penambalan terpal tersebut. Adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut ini:

1. Siapkan Terpal yang Bocor
Siapkan terpal tersebut kemudian tandai letak kebocorannya, agar nantinya kita mudah dalam melakukan penambalan. Untuk mengecek latak kebocoran ini anda dapat menggunakan air.

2. Lakukan Pengamplasan
Jika letak kebocoran sudah diketahui, langkah selanjutnya adalah melakukan pengamplasan pada area sekitar kebocoran.Tujuannya adalah untuk membersihkan kotoran yang menempel pada area tersebut sehingga nantinya memudahkan kita dalam melakukan penambalan.

3. Pemberian Lem
Jika pengamplasan selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah pemberian lem pada area yang sudah diamplas tadi, pastikan dalam pemberian lem ini merata. Diamkan sejenak sampai lem tersebut hampir kering. Pemberian lem ini juga di laburkan di plastik, diamkan lem tersebut hampir kering.

4. Penempelan Plastik ke Terpal
Jika lem sudah dilaburkan pada kedua media tersebut, selanjutnya adalah menempelkan plastik di area kebocoran. Pastikan posisinya pas agar kebocoran tersebut dapat teratasi.

5. Berikan Kertas diatas Plastik
Kertas ini nantiya sebagai alas kita dalam melakukan penyetrikaan, pastikan posisi kertas tersebut dapat sesuai.

6. Lakukan Penyetrikaan
Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penyetrikaan. Dalam proses ini harus dilakukan dengan teliti dan secara perlahan, agar hasil yang didapatkan maksimal.

Baca Juga:
7. Proses Finishing
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat mengulangi langkah diatas beberapa kali, serta melakukannya dari sisi yang lain. Jika semua sudah dilakukan, rapikan plastik yang menempel tersebut dengan menggunkan gunting.

Cara Menambal Terpal yang Bocor dengan Mudah
Cara Menambal Terpal yang Bocor dengan Mudah
Untuk menambal terpal yang bocor ini banyak sekali caranya, namun cara diatas adalah cara yang mudah untuk anda praktekkan langsung di rumah. Demikian informasi mengenai cara menambal terpal yang bocor degan mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips menambal terpal paling mudah, proses penambalan terpal, tutorial menambal terpal dengan bahan sederhana.