Cara Memasang Door Closer dengan Cepat

Cara Memasang Door Closer dengan Cepat - Door closer merupakan salah satu alat tambahan pada pintu yang berfungsi agar pintu tersebut menutup otomatis setelah dibuka, door closer ini biasa digunakan pada pintu yang terbuat dari aluminium dan sejenisnya. Saat ini banyak sekali gedung yang menggunakan pintu ini, biasanya di dalam ruangan yang dipasangi ac sehingga ketika pintu tersebut dibuka akan menutup secara otomatis supaya ac tidak keluar ruangan.

Mungkin anda baru tahu dan mengenal dengan alat ini sehingga tidak tahu cara pemasanganya, kali ini kita akan membahas tentang cara memasang door closer untuk pemula, sebelum memulai proses pemasangan ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

- Door Closer
- Obeng
- Mesin Bor

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap semua, anda dapat memulai proses pemasangan door closer dengan mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

1. Tentukan Letak Pemasangan
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengen menentukan letak pemasangan door closer tersebut, pemasangan yang baik adalah berjarak 25 cm dari sisi pintu, dengan begitu door closer tersebut tidak menggangu ketika pintu seang dibuka maupun ditutup.

2. Proses Pemasangan
Door closer ini dilengkapi dengan 2 bagian penting, yaitu bagian besar dan engsel yang nantinya ditempelkan pada kusen. Berikut ini langkah - langkah dalam memasang door closer pada pintu:

- Pasang Door Closer Pada Area yang Sudah ditentukan
Untuk pemasangan door closer ini cukup menggunakan baut yang sudah disediakan pada saat pembelian, sedangkan untuk alatnya yaitu dengan menggunakan obeng. Pilihlah ukuran dan jenis obeng yang sesuai dengan bentuk baut tersebut.

- Pasang Engsel Pada Kusen
Selanjutnya yaitu pemasnagan engsel di kusen, sama halnya memasang door closer pada pintu. Pemasangan engsel ini dapat dilakukan dengan memasukkan baut dan menempelkannya di kusen.
Pastikan dalam memasang baut ini dapat menempel dengan baik, agar ketika digunakan door closer terebut tidak mudah lepas.

Baca Juga:
3. Proses Uji Coba
Jika semua bagian sudah terpasang, anda dapat melakukan uji coba. Caranya adalah dengan membuka pintu tersebut, apabila pintu tersebut dapat menutup otomatis. Maka pemasangan sudah benar, namun apabila pintu tersebut macet atau menutupnya lambat anda dapat melakukan pengecekan ulang dalam pemasangannya.

Demikian informasi mengenai cara memasang door closer dengan cepat, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemasangan door closer, solusi memasang door closer untuk pintu alumnium, cara membuat pintu menutup otomatis.
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matching-content-columns-num = 4