Cara Membuat Aquairum dari Botol Bekas

Cara Membuat Aquairum dari Botol Bekas - Aquarium merupakan salah satu media untuk memelihara ikan di rumah, saat ini bentuk dan jenis aquarium ini beraneka ragam. Banyak sekali bahan untuk membuat aquarium ini salah satunya adalah dari botol bekas. Biasanya model aquarium ini dapat digunakan untuk memelihara ikan yang berukuran kecil misalnya ikan cupang.

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat aquarium dari botol bekas, dengan memanfaatkan botol bekas ini anda sudah dapat membuat media untuk memelihara ikan dengan biaya yang terjangkau. Sebelum masuk ke dalam proses pembuatan aquarium, ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

Alat dan Bahan:
- Cutter
- Botol Kaca
- Penggaris
- Amplas
- Spidol
- Alat Pemotong Kaca

Sebaiknya pilihlah model botol yang mempunyai ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu nantinya memudahkan kita dalam proses pembuatan aquarium ini. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan aquarium dari botol bekas.

Berikut ini langkah - langkah dalam membuat aquarium dari botol bekas

1. Tentukan Konsep
Pertama - tama yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan konsep yang akan dibuat. Dengan begitu dalam pembuatan aquarium ini nantinya dapat terarah dengan baik. Ketika menentukan konsep anda juga harus menentukan ukuran serta proses finishing yang akan ambil nantinya.

2. Pemotongan Botol
Pada umumnya, botol tersebut mempunyai bentuk yang kecil dibagian atasnya. Oleh karena itu untuk memudahkan kita dalam menaruh dan mengeluarkan ikan nantinya maka harus dilakukan pemotongan pada area atas tersebut. Untuk proses pemotongan botol sendiri, anda dapat menggunakan alat pemotong kaca.

Dalam proses pemotongan, sebaiknya dilakukan secara hati - hati, karena bahan kaca ini mudah sekali pecah.

3. Proses Pembersihan
Langkah selanjutnya adalah membersihkan botol bekas tersebut, mengingat bahan untuk membuat aquarium ini terbuat dari bahan botol bekas maka harus dilakukan pembersihan.

4. Penyiapan Pelengkap Aquarium
Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan pelengkap aquarium tersebut. Seperti batuan, hiasan aquarium, filter air, lampu dan lain sebagainya. Pilihlah komponen - komponen tersebut yang sesuai, dengan begitu nantinya dapat membuat aquarium yang dibuat lebih menarik lagi.

Baca Juga:
5. Proses Akhir
Jika semua komponen sudah siap, langkah terakhir yang anda lakukan adalah dengan menaruh aquarium yang sudah dibuat ke tempat yang sudah ditentukan. Isikanlah air bersih serta masukkanlah ikan tersebut ke dalam aquarium yang sudah dibuat sebelumnya.

Cara Membuat Aquairum dari Botol Bekas
Cara Membuat Aquairum dari Botol Bekas
Demikian informasi mengenai cara membuat aquarium dari botol bekas, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan aquairum ikan cupang, cara memelihara ikan cupang di dalam botol.