-->

Cara Membuat Kandang Ternak Lovebird dari Kayu Bekas

Cara Membuat Kandang Ternk Lovebird dari Kayu Bekas - Lovebird merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang populer saat ini. Biasanya burung ini dipelihara untuk dilombakan maupun untuk diternak. Sebelum anda memutuskan untuk memelihara burung lovebird ini, sebaiknya siapkan dulu semua keperluannya, salah satunya adalah kandang. Karena nantinya ditempat tersbutlah burung tersebut akan tinggal. 

Love Bird
Love Bird
Banyak sekali bahan yang dapat anda jadikan sebagai kandang ternak lovebird ini salah satunya adalah kayu. Karna bahan kayu ini selain mudah didapatkan juga mudah untuk dibentuk, bukan hanya itu saja kayu yang digunakan tidak harus baru. Melainkan kayu bekas juga digunakan.


Kandang Ternak Lovebird Sederhana Biaya Murah


Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kandang ternak lovbird dari kayu bekas, namun sebelum masuk ke dalam proses pembuatan, ada beberapa alat dan bahan yang diperlukan. Antara lain sebagai berikut:

 Alat dan Bahan:
- Gergaji
- Kayu
- Kawat Ram
- Paku
- Alat Ukur Meteran
- Spidol
- Tang
- Palu

Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap semua, anda dapat memulai proses pmbuatan kandang ini, adapun langkah - langkahnya anda dapat mengikuti beberapa tips dibawah ini:

1. Pembuatan Konsep Kandang Lovebird
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat konsep kandang itu sendiri, dalam pembuatan konsep ini di harus disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari ukuran kandang, bantuk, serta tahap finishing nantinya.

2. Pengukuran Bahan
Jika konsep yang diinginkan sudah jadi, maka anda dapat langsung menyiapkan bahan tersebut dengan terlebih dahulu melakukan pengukuran, karena bahan yang ada tentunya tidak sesuai dengan ukuran kandang yang akan dibuat. Apalagi jika anda menggunakan kayu bekas yang masing - masing mempunyai ukuran yang berbeda. Dalam melakukan pengukuran ini, anda dapat menggunakan alat ukur meteran, setelah itu jangan lupa untuk menandai area yang diperlukan dan juga area yang akan dilakukan pemotongan dengan memmbuat garis sebagai penanda dengan bantuan spidol.

3. Pemotongan Bahan
Setelah dilakukan pemotongan, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan pemotongan. Untuk proses pemotongan ini dapat menggunakan gergaji kayu. Pastikan dalam memotong ini mengikuti area yang sudah dilakukan penandaan sebelumnya.

4. Perangkaian
Pada bagian ini semua bahan yang sudah disiapkan tadi akan dirangkai menjadi sebuah kandang ternak burung love bird, dalam merangkai ini dimulai dari bagian kaki terlebih dahulu, karena bagian ini berfungsi sebagai penopang bagian lainnya. Pastikan dalam setiap bagian dapat menempel dengan erat. Untuk proses perangkaian antar bagian ini gunakanlah paku, pilihlah jenis paku yang mmpunyai ukuran sesuai dengan ukuran kayu yang ada, agar ketika diaplikasikan paku trsebut tidak membuat kayu menjadi pecah.

5. Pemasangan Kawat Ram
Jika kerangka kandang sudah jadi, maka selanjutnya adalah pemasangan kawat ram. Pemasangan kawat ram ini menyluruh ke semua area kandang, baik dari atas, bawah maupun samping. Untuk memasang kawat ram ini, anda dapat menggunakan paku. Pastika tidak ada bagian yang terlewati, karena hal tersebut dapat membuat burung yang ditaruh didalam kandang tersebut akan keluar melalui rongga yang ada.

Ukuran Kandang Ternk Lovebird


6. Pembuatan Pintu
Pintu ini digunakan untuk memasukkan atau mengeluarkan burung, makanan maupun komponen lainnya, Dalam pembuatan pintu ini, anda dapat membuatnya dari bagian atas maupun samping. Buatlah ukuran pintu yang sesuai dengan ukuran kandang tersebut, yang paling penting adalah pintu itu memudahkan kita dalam hal mengambil atau memasukkan sesuatu ke dalam kandang lovebird.

Baca Juga:
7. Pasang Perlengkapan
Jika kandang sudah jadi, selanjutnya anda dapat memasukkan perlengkapan dari kandang trsbut. Seperti wadah pakan, tangkringan,glodok dan lain sebagainya.

Cara Membuat Kandang Ternak Lovebird dari Kayu Bekas
Cara Membuat Kandang Ternak Lovebird dari Kayu Bekas
Dalam pembuatan kandang ternak lovbird ini sebenarnya mudah sekali, anda dapat memanfaatkan kayu bekas untuk membuatnya, jadi dari segi biaya akan hemat serta natinya model dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Demikian informasi mengenai cara membuat kandang ternak lovebird dari kayu bekas, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan kandang burung lovebird, membuat kandang ternak lovebird dari kawat ram.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel