Cara Membuat Pita Cantik dari Kain Bekas

Cara Membuat Pita Cantik dari Kain Bekas - Pita merupakan salah satu accesories yang dapat dijadikan sebagai hiasan di pakaian, kerudung dan lain sebagainya. Saat ini dipasaran banyak sekali pita yang tersedia. Namun apabila anda ingin membuat pita sendiri berikut ini penjelasannya, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pita cantik dari kain bekas.

Tutorial Pembuatan Pita dari Kain Bekas


Dengan memanfaatkan kain bekas yang sudah tidak terpakai, tentunya dapat menghasilkan sesuatu yang berguna, salah satunya adalah pita ini. Dengan membuat pita sendiri dapat memberikan beberapa keuntungan antara lain:

- Hemat Biaya
Anda tidak perlu lagi untuk membeli pita, karena anda dapat membuatnya sendiri.

- Warna Bisa disesuaikan dengan Baju
Ketika anda memanfaatkan kain bekas untuk dijadikan pita, maka nantinya warna tersebut tentunya matching dengan pakaian yang anda kenakan.

- Ukuran Bisa disesuaikan
Selain itu, jika anda membuat pita sendiri. Anda dapat menyesuaikan ukurannya dengan yang diinginkan.

- Dapat Untuk Mengisi Waktu Luang dan Mengasah Kreatifitas
Membuat pita sendiri dari kain bekas ini juga dapat mengisi waktu luang agar lebih bermanfaat serta juga dapat mengasah kreatifitas.

Ketika anda ingin membuat pita dari kain bekas, ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan. Antara lain sebagai berikut:
 - Kain Bekas
- Gunting
- Benang
- Jarum

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan pita, adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Penentuan Konsep
Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membuat pita cantik dari kain bekas ini adalah dengan menentukan konsep yang akan dibuat. Dalam pembuatan konsep ini meliputi ukuran, bentuk serta teknik finishing yang akan digunakan.

Untuk membuat pita ini siapkan 2 ukuran kain yang berbeda. Masing - masing kain tentunya memiliki fungsi yang berbeda, yaitu sebagai ikat dan pita dasar. Untuk yang difungsikan sebagai ikat ukuran yang digunakan tentunya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran pita besar.

2.  Pemotongan Bahan
Jika konsep sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah dengan memotong bahan. Untuk pemotongan bahan cukup menggunakan gunting. Pastikan ketika proses pemotongan ini dilakukan secara hati - hati supaya hasil pemotongan dapat sesuai dengan yang diinginkan.

3. Proses Pembuatan Pita
Jika konsep dan proses pemotongan sudah selesai. Lanjut ke tahap selanjutnya yaitu pembuatan pita. Bagian ini merupakan  bagian inti, dalam pembuatan pita ini dibagi menjadi 2 tahap yaitu pembuatan pita dasar dan ikat. Berikut ini penjelasan masing - masing proses pembuatannya:

  • Pembuatan Pita Dasar
Pita dasar ini harus dibuat terlebih dahulu, baru selanjutnya bagian ikat. Untuk pembuatan pita dasar ini dapat memngikuti beberapa langkah - langkah berikut ini:
- Siapkan Tempat yang Datar
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan tempat yang datar, karena ditempat inilah nantinya kita meletakkan kain yang kemudian dilipat dan dibentuk agar menjadi pita. Tempat yang datar ini anda dapat memanfaatkan lantai ataupun meja.

- Lipat Kain
Jika kain sudah diletakkan pada tempat yang sudah disiapkan tadi, langkah selanjutnya adalah dengan melipat bagian sisi kana dan kiri kearah atas. Untuk jarak lipatannya adalah sekitar 2 cm, namun ini bukan menjadi patyokan karena dengan ukuran pita berbeda. Maka lipatannya juga nantinya berbeda pula. Jika bagian sisi kiri dan kanan sudah dilipat, langkah selanjutnya adalah dengan melipat bagian atas dan bawah, namun pada bagin ini jarak lipatannya lebih besar daripada bagian sisi tadi.

- Lakukan Penjahitan untuk Membuat Kerutan
Untuk membuat kerutan pada pita nantinya, maka anda dapat melakukan penjahitan. Dalam proses ini anda dapat memanfaatkan benang dan jarum. Untuk letak penjahitan ini adalah pada bagian tengah kain yangv sudah dlipat sebelumnya. Sebaiknya ketika proses penjahitan ini dilakukan sebaik mungkin, agar hasil yang didapatkan juga rapi dan bagus.

  • Pembuatan Ikat Pita
Jika sebelumnya pita dasar sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah dengan membuat ikat pita. Untuk pembuatan ikat ini hampir sama dengan pembuatan pita dasar namun dari bagian lipatan yang berbeda. Untuk pelipatan bagian ini yaitu  bagian sisi dan kanan saja. Selanjutnya setelah dilipat, maka anda harus melakukan penjahitan agar nantinya tidak mudah lepas.

4. Proses Finishing
Jika bagian pita dasar dan ikat pita selesai, langkah terakhir yaitu proses finishing. Dalam proses ini pita dasar damn ikat disatukan. Untuk menatukannya adalah dengan cara menaruh ikat pada bagian pita dasar dengan posisi melingakar. Selanjutnya adalah dengan melakukan penjahitan pada bagian ikat tersebut.
 
Baca Juga:

Pita sudah siap digunakan, agar dapat lebih menarik lagi anda dapat menambahkan ornamen khusus pada bagian pita tersebut, seperti payet maupun lainnya. Kain yang bekas jika diolah dengan baik tentunya dapat menghasilkan benda yang mempunyai nilai serta fungsi oleh karena itu dalam hal ini kraatifitas harus dimiliki. 
 
Cara Membuat Pita Cantik dari Kain Bekas
Cara Membuat Pita Cantik dari Kain Bekas
Demikian informasi mengenai cara membuat pita cantik dari kain bekas, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan pita dair kain bekas, tutorial pembuatan pita, cara memanfaatkan kain bekas menjadi pita.
data-matched-content-ui-type="image_card_stacked" data-matched-content-rows-num="4" data-matching-content-columns-num = 4