Contoh Konsep Pos Ronda

Contoh Konsep Pos Ronda - Pos ronda mrupakan salah satu jenis tempat yang dapat digunakan untuk menjaga keamanan, biasanya pos ronda ini terdapat di dalam perumahan. Fungsi pos ronda bukan hanya itu saja, namun dapat juga digunakan untuk bersilaturrahmi antar warga. Kali ini kita akan memberikan contoh desain pos ronda modern. Semoga dapat memberikan inspirasi dalam pembuatan pos ronda.

Gambar Pos Ronda Permuhan Terbaru
Gambar Pos Ronda Permuhan Terbaru

Desain Pos Ronda Modern


Dalam pembuatan pos ronda ini ada bebrapa tahapan, yaitu persiapan alat dan bahan, pembuatan konsep desain, pembuatan rangka, Penyusunan dinding, pembuatan atap dan proses finishing. Berikut ini merupakan penjelasan masing - masing tiap prosesnya:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah awal dalam pembuatan konsep pos ronda ini adalah dengan menyiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain sebagai berikut:
- Pasir
- Semen
- Air
- Batu Kericak
- Batu Bata
- Besi Ulir
- Kayu
- Genteng
- Cat
- Kuas
- Keramik
- Papan Cor

2. Pembuatan Konsep
Pada tahapan ini kita menentukan bentuk yang akan dibuat, untuk pembutan konsep ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pos ronda itu sendiri. Untuk pembuatan konsep ini tentukan lebar serta tinggi pos ronda yang akan dibuat sebelumnya. Untuk memudahkan pmbuatan konsep, anda harus melihat langsung letak pembanguan pos ronda nantinya. Agar mengtahui bentuk yang cocok seperti apa.

Dalam pembuatan konsep ini harus ditentukan tahapan finishing yang akan digunakan, mulai dari pngecetan, pemasangan keramik dan pemasangan perabotan serta perlengkapan tambahan lainnya.

3. Perangkaian Besi Cor
Pada tahapan ini harus dilakukan sebelum proses pembuatan pondasi, Untuk merangkai besi ini harus disesuaikan dengan konsep yang sudah dibuat sebelumnya. Sesuaikan juga jumlah rangkaian besi cor yang dibutuhkan termasuk besi cor untuk rangka tiang, atap dan lain sebagainya.

4. Penggalian Tanah Untuk Pondasi
Selanjutnya anda dapat melakukan penggalian untuk mmbuat pondasi, dalam melakukan penggalian ini anda dapat menggunakan bantuan alat atau bisa juga dengan cara manual.

Konsep Desain Pos Ronda Modern
Konsep Desain Pos Ronda Modern
5. Penyusunan Dinding
Setelah pondasi selesai dibuat, selanjutya anda dapat membuat dinding. Dalam pembuatan dinding ini dapat menggunakan batu bata. Jangan lupa selesai pemasangan batu bata, lakukan pengecoran bagian samping maupun atas, agar dinding batu bata tersebut dapat menempel dengan kuat.

6. Pembuatan Atap
Jika bagian dinding maupun lainnya sudah selesai, selanjutnya adalah pembuatan atap. Untuk rangka atapnya anda dapat manggunakan baja ringan atupun kayu, jadi itu dapat anda sesuaikan dengan konsep yang sudah dibuat sebelumnya.

Pos Ronda Perumahan
Pos Ronda Perumahan

Pos Ronda Perumahan


7. Proses Finishing
Sampai tahapan ini pmbuatan pos ronda sudah hampir selesai, dalam pross finishing ini meliputi pemasangan keramik, pengecatan dan lain sebagainya.

Baca Juga:
8. Pemasangan Perlengkapan
Ini merupakan tahapan akhir dari pembuatan pos ronda, dalam tahap ini meliputi pemasangan seluruh perlengkapan seperi meja, kursi, papan informasi, instalasi lampu dan lain sebagainya.

Membangun Pos Ronda
Membangun Pos Ronda
Demikian informasi mengenai contoh konsep pos ronda, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang kumpulan konsep desain pos ronda, tips mmbuat pos ronda modern.