Cara Membuat Cetakan Batako Bagi Pemula

Cara Membuat Cetakan Batako Bagi Pemula - Batako merupakan  salah satu jenis bahan bangunan, biasanya batako ini dapat dibeli di toko bangunan terdekat atau juga bisa dibuat sendiri. Jika anda ingin membuat batako sendiri sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Untuk pembuatan batako ini membutuhkan alat cetaknya, kali ini kita akan menjelaskan bagaimana cara membuat alat cetak batako dengan mudah.

Cetakan Batako
Cetakan Batako
Bahan untuk membuat cetakan batako ini banyak sekali yaitu bisa berupa kayu, besi dan lain sebagainya. Namun pada tutorial kali ini kita akan membuat cetakan batako dengan menggunakan kayu. Karena bahan ini selain mudah untuk didapatkan juga mudah untuk dibentuk. Sebelu proses pembuatan, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan. Antara lain sebagai berikut:

- Papan Kayu
Pilihlah papan kayu yang mempunyai kualitas terbaik, agar ketika digunakan untuk mencetak bataoko tidak mudah rusak 

- Paku
Banyak sekali jenis paku, pilihlah ukuran paku yang sesuai dengan ukuran papan kayu yang ada. 

- Palu
Pilihlah palu yang enak dan nyaman saat digunakan 

- Gergaji
Gergaji ini nantinya digunakan untuk memotong bahan. 

- Amplas
Biasanya papan kayu tersebut mempunyai permukaan yang kasar, untuk menghaluskannya anda dapat menggunakan amplas ini.

- Alat Ukur Meteran
Bahan yang ada tentunya mempunyai ukuran tidak sesuai dengan yang kita inginkan, oleh sebab itu kita dapat melakukan pengukuran terlebih dahulu sebelum melakukan pemotongan.

- Spidol
Setelah melakukan pengukuran sebaiknya kita tandai dulu pada area yang akan dilakukan pemotongan yaitu dengan menggunkan spidol ini.

Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai proses pembuatan cetakan batako. Adapun langkah - langkah dalam membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Penentuan Model
Hal pertama sebelum membuat cetakan batako adalah dengan cara menentukan model cetakan yang ingin dibuat, apakah hanya satu atau langsung beberapa cetakan sekaligus. Untuk mempermudah, and adapat menggambarnya terlebih dahulu.

2. Melakukan Pengukuran Bahan
Jika model sudah ditentukan, saatnya adalah pengukuran bahan. Untuk mengukur bahan ini anda dapat menggunakan alat ukur meteran pada umumnya, jangan lupa setelah melakukan pengukuran buatlah garis sebagai tandai area mana saja yang diperlukan serta yang harus dilakukan pemotongan.

3. Pemotongan Bahan
Jika sudah ditandai, saatnya adalah melakukan pemotongan. Untuk memotong bahan ini cukup menggunakan gergaji kayu saja.

4. Pengamplasan
Agar cetakan batako yang kita buat halus, maka anda dapat melakukan proses pengamplasan. Proses ini termasuk penting, agar menghasilkan batako yang bagus dan halus. Maka anda perlu mengaluskan juga cetakan batako tersebut.

Baca Juga:
5. Perangkaian
Setelah semua langkah - langkah diatas sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah perangkaian. Pada tahap ini semua bagian disatukan sehingga membentuk cetakan batako yang kita inginkan. Adapun untuk merangkai bahan ini adalah dengan memberikan paku pada bagian satu dengan lainnya agar dapat merekat dengan kuat. Ketika proses pemasangan paku ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati, agar tidak membuat papan kayu tersebut menjadi rusak.

Cara Membuat Cetakan Batako Bagi Pemula
Cara Membuat Cetakan Batako Bagi Pemula
Dengan membuat cetakan bataoko sendiri ini selain menghemat biaya, anda juga dapat menyesuaikan ukuran batako yang ingin dibuat. Demikian informasi mengenai cara membuat cetakan batako bagi pemula, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tutorial pembuatan cetakan batako, cetakan batako dari papan kayu, tips membuat cetakan batako.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel