Cara Menjahit Kain Sofa Bagi Pemula

Cara Menjahit Kain Sofa Bagi Pemula - Sofa merupakan salah satu jenis perabotan di rumah yang sangat populer saat ini. Funsgi sofa bukan hanya untuk duduk, melainkan bisa juga diguanakan untuk dekorasi interior rumah karena bentuk dan jenis sofa sendiri beraneka ragam. Bahan untuk membat sofa banyak sekali seperti kain, kulit dan lain sebagainya.

Kali ini kita akan membahas tentang cara menjahit kain sofa bagi pemula, jadi ketika anda ingin melakukan penjahitan kain sofa ini dapat mengikuti beberapa langkah - langkah berikut ini:

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang di Butuhkan
Hal pertama dan termasuk penting adalah dengan menyiapkan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proses penjahitan kain sofa ini, adapun alat dan bahan tersebut adalah sebagai berikut:
- Alat Ukur Jahit
Fungsi alat ini nantinya digunakan untuk mengukur pola yang akan digunakan sebagai pedoman dalam penjahitan

- Gunting
Untuk proses pemotongan dapat menggunakan alat gunting ini

- Jarum
Saat ini terdapat berbagai jenis dan ukuran jarum, namun untuk proses penjahitan kain sofa ini, jarum yang digunakan adalah yang mempunyai ukuran no 24. Hal ini bertujuan agar jahitan kuat nantinya.

- Benang
Dalam proses penjahitan kain sofa ini benang yang digunakan yaitu benang jenis nilon. 

- Mesin Jahit
Gunakanlah mesin jahit yang berkualitas baik, agar proses penjahitan kain sofa dapat berlangsung dengan baik, namun anda harus mengganti jarum dan benang yang ada sesuai dengan tipe jarum dan benag seperti diatas.

2. Proses Awal
Dalam tahap awal penjahitan kain sofa ini adalah dengan menentukan konsep yang ingin dibuat. Dalam hal ini meliputi ukuran dan lain sebagainya. Untuk membuat pola dan ukuran anda dapat menggunakan alat ukur jahit pada umumnya, untuk memudahkan sebaiknya gambarlah pola yang akan dibuat di sebuah kertas, hal ini bertujuan sebagai petunjuk dalam pemotongan maupun penjahitan.

3. Proses Pemotongan
Jika tahap awal sudah dilakukan, anda dapat melanjutkan tahap selanjutnya yaitu pemotongan. Bahan yang ada tentunya mempunyai ukuran berbeda dan tidak sesuai dengan konsep yang akan dibuat. Oleh karena itu proses pemotongan ini harus dilakukan, untuk memotong kain sofa ini anda dapat menggunakan gunting. Pastikan dalam proses pemotongan dilakukan secara hati - hati serta sesuaikan dengan konsep yang sudah dibuat. Karena pemotongan yang rapi akan membuat hasil yang baik tentunya.

4. Proses Penjahitan
Jika semua bahan sudah siap dan sudah dilakukan pemotongan, anda dapat langsung melakukan proses penjahitan. Dalam tahap ini merupakan proses inti dari menjahit kain sofa. Adapun langkah - langkah dalam menjahit kain sofa adalah sebagai berikut:
- Persiapkan Mesin Jahit
- Tentukan Titik Awal Penjahitan
- Jahitlah seperti menjahit kain lainnya, pastikan dalam menjahit ini mengikuti pola yang ada. Lakukanlah secara hati - hati dan teliti agar hasil jahitan rapi.

Baca Juga:

5. Proses Finishing
Pada proses ini merupakan bagian kahir dari menjaht kain sofa, pada tahap ini anda harus merapikan hasil jahitan. Seperti memotong sisa - sisa benang yang ada dan lain sebagainya.

Mesin Jahit
Mesin Jahit
Untuk menjahit kain sofa ini sama dengan kain pada umumnya, namun alat dan bahan yang digunakan berbeda. Misalnya pada jarum, benang yang digunakan harus khusus agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Demikian informasi mengenai cara menjahit kain sofa bagi pemula, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips menjahit kain sofa, tutorial penjahitan kain dengan mesin jahit, ukuran jarum dan benag untuk kain sofa.