Cara Meghitung Biaya Pemasangan Plafon Sesuai Luas Ruangan

Cara Meghitung Biaya Pemasangan Plafon Sesuai Luas Ruangan - Plafon merupakan salah satu hal yang termasuk penting dalam sebuah rumah, karena dengan adanya plafon ini akan membuat rumah anda terlihat menarik dari dalam. Jika anda ingin memasang plafon dan tidak tahu cara menghitung biaya yang dikeluarkan berikut ini informasinya.

Untuk menghitung biaya pemasangan plafon anda dapat mengkuti beberapa tips berikut ini:


1. Hitung Luas Ruangan
Pertama anda harus menghitung luas ruangan yang akan dipasangi plafon. Karena luas inilah nantinya yang menjadi patokan dalam membuat plafon baik dari pembelian bahan serta pembuatan bentuka yang diinginkan.

2. Pemilihan Bahan
Bahan yang berkualitas akan membuat plafon tersebut awet, oleh karena itu usahakan menggnakan bahan yang berkualitas dalam pembuatan plafon ini. Namun disamping itu harga dari bahan ini juga tentunya sedikit mahal. Sesuaikanlah dana yang ada untuk memilih bahan ini, apakah ingin menggunakan bahan yang berkualitas, sedang atau yang lainnya.

Jika sudah mengikuti beberapa tips diatas, berikut ini contoh analisa penghitungan biaya pemasangan plafon berdasarkan luas ruangan.
 
A. Cara Menghitung Kebutuhan Papan Gypsum yang di Butuhkan Berdasarkan Luas Ruangan
  • Luas ruangan dalam perkiraan ini adalah berkisar antara 3m x 3m = 9 m persegi
  • Adapun kebutuhan alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
4 Lembr Papan Gypsum
1 Lembar papan gypsum berukuran 1,2 m x 2,4 m. Jadi jumlahnya 2,88 m. Maka kebutuhan gyspum adalah 2,88 dibagi 9= 3,12

B. Cara Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon yang di Butuhkan Berdasarkan Luas Ruangan
Untuk ruangan dengan luas 9 m persegi, maka besi hollow yang dibutuhkan adalah sekitar 4 batang. Dengan rincian 3 m x 4 batang = 12 m persegi, Sedangan panjang besi hollow ini 4 m berarti nanti ada sekitar 1 m untuk sisa potongannya.

C.  Cara Menghitung Kebutuhan Isian Rangka Plafon
Untuk isian rangka plafon ini dengan luas ruangan tersebut yang dibutuhkan adalah sekitar 5 batang. Dengan rincian perbatang mempunyai panjang 50 cm. 300 : 60 cm = 5 Batang. Sedangan untuk runagn dengan luas 9 meter persegi, maka besi hollow yang dibutuhkan untuk isian rangka plafon ini adalah sekitar 12 batang dengan rincian 3 meter x 4 batang = 12 m persegi, 3 m x 5 batang = 15 meter persegi, 4 x 4 x 2 x3 batang = 6 meter persegi.

Jadi, jumlah total kesuluruhan rangka plafon adalah 33 meter persegi atau 10 batang besi hollow.

D. Cara Menghitung Lis Profil yang di Butuhkan
Lis profil ini nantinya akan dipasang pada pinggir dinding dan plafon, jadi untuk lis profil yang di butuhkan berdasarkan ukuran ruangan adalah 3 m x 4 buah = 12 Meter.

C. Cara Menghitung Kebutuhan Cat Plafon Berdasarkan Ukuran Ruangan
Biasanya saat proses finishing adalah dengan mengaplikasikan cat. Berikut ini cara menghitung kebutuhan cat plafon berdasarkan luas ruangan 9 meter persegi. Maka yang dibutuhkan adalah cat sekitar 5 kg atau 1 kaleng kecil saja.

Baca Juga:

Diatas merupakan salah satu contoh penghitungan biaya dalam pemasangan plafon, tentunya hitungan diatas mungkin tidak tepat, karena bentuk plafon serta human error juga dapat mempengaruhi bahan yang dibutuhkan melebihi estimasi diatas.

Cara Meghitung Biaya Pemasangan Plafon Sesuai Luas Ruangan
Cara Meghitung Biaya Pemasangan Plafon Sesuai Luas Ruangan


Demikian informasi mengenai cara menghitung biaya pemasangan  plafon sesuai luas ruangan, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemasangan plafon hemat biaya, cara menghitung biaya pemasangan plafon, menghitung kebutuhan bahan pembuatan plafon.