Cara Membuat Paving dengan Cetakan Manual

Cara Membuat Paving dengan Cetakan Manual - paving merupakan salah satu bahan bangunan yang biasa digunakan dan dipasang di halaman rumah. Jenis dan model paving ini ada berbagai macam seperti persegi enak, persegi panjang dan masih banyak lagi yang lainnya. Banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan dengan menggunakan paving block ini salah satunya adalah hemat biaya, karena dalam pemasangan paving ini tanpa menggunakan semen.

Bagi anda yang memasang paving ini maka anda dapat membuatnya sendiri, meskipun di toko - toko sudah menyediakannya. Dengan membuat paving sendiri tentunya dapat hemat serta dapat mengasah kemampuan anda dalam pembuatan paving ini. Jika anda sedang mencari informasi mengenai cara membuat paving block dengan cetakan manual berikut ini informasinya.

Sebelum memulai proses pembuatan paving, maka ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:
- Alat Cetakan Paving Manual
- Tongkat yang digunakan untuk memukul adukan
- Semen Portland
- Air
- Abu
- Pasir

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, maka anda dapat memulai proses pembuatan paving ini. Adapun langkah - langkah dalam membuat paving dengan cetakan manual adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Adukan
Langkah pertama dalam pembuatan paving ini adalah dengan menyiapkan adukan. Adapun kompisi adukan ini berisi semen, pasir dan air. Pastikan masing - masing mempunyai takaran yang pas karena dengan kualitas adukan ini tentunya dapat berpengaruh juga terhadap ketahanan paving tersebut nantinya. Jadi usahakan dalam pembuatan adukan ini bagus.

2. Campurkan Semua Bahan
Langkah selanjutnya yaitu dengan mencampur semua bahan, pastikan bahan tersebut tercmpur semua. Untuk proses pencampuran ini anda dapat menggunakan cetok atau alat lainnya.

3. Atur Posisi Cetakan
Sebelum cetaka tersebut digunakan, pastikan posisi cetakan tersebut dalam posisi yang baik. Artinya berada pada alas yang datar sehingga paving yang dihasilkan nantinya juga bagus. 

4. Masukkan Adukan ke dalam Cetakan
Jika adukan sudah siap, maka anda dapat lansung memasukkan adukan tersebut ke dalam cetakan manual yang sudah disiapkan sebeleumnya. 

5. Padatkan Adukan dengan Menggunakan Tongkat Khusus
Setelah adukan di letakkan di cetakan, maka selanjutnya anda harus memadatkan adukan tersebut caranya adalah dengan memukulnya dengan menggunakan tongkat yang sudah disiapkan sebelumnya.

6. Keluarkan Adukan dari Dalam Cetakan
Jika dirasa proses pencetakan sudah selesai, maka anda dapat mengeluarkan adukan tersebut dari cetakan. Setelah dikeluarkan pastikan alas yang digunakan adalah datar sehingga paving tersebut rata.

Baca Juga:

7. Diamkan Hingga Kering
Langkah terakhr yaitu mendiamkan paving tersebut hingga benar - benar kering, sebelum dipasang di halaman rumah. Karena dengan paving yang kering tentunya dapat menghindari kerusakan saat pemasangan nantinya.

Untuk membuat paving ini mudah sekali, karena saat ini alat cetakan paving banyak sekali tersedia dipasaran. Demikian informasi mengenai cara membuat paving dengan cetakan manual, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan paving, cara membuat paving dengan alat cetak manual, cara membuat alat cetak paving.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel