-->

Cara Menambal Atap Seng yang Bocor Paling mudah dan Cepat

Cara Menambal Atap Seng yang Bocor Paling mudah dan Cepat - Atap merupakan bagian terpenting dalam sebuah rumah, dengna adanya atap ini kita akan terhindar dari terik matahri dan air hujan. Banyak sekali bahan untuk dijadikan sebagai atap salah satunya adalah seng. Banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan dengan menggunakan atap seng ini, namun selain itu atap seng ini juga dapat mengalami permasalahan salah satunya adalah bocor.

Jika anda sedang mencari informasi mengenai cara menambal atap seng yang bocor berikut informasinya, kali ini kita akan membahas tentang cara penanganan atap seng yang bocor paling mudah cepat. 

Seperti penambalan pada umumnya, proses penambalan atap seng ini terdapat beberapa tindakan seperti penyiapan alat dan bahan, penentuan sumber kebocoran , pross penambalan serta finishing. Berikut ini penjelasan dari masing - masing prosesnya.

1. Persiapan Alat dan Bahan
Dalam menambala atap seng yang bocor ini membutuhkan beberapa alat dan bahan, adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Gabus
- Bensin
- Wadah

Untuk mendapatkan gabus ini, anda dapat membelinya di toko terdekat atau anda juga dapat memanfaatkan gabus yang terdapat di dalam kemasan saat kita membeli alat elektronik.

2. Menentukan Sumber Kebocoran
Proses penentuan sumber kebocoran terdapat berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan pengamatan dan percobaan secara langsung. Misalnya ketika musim hujan tiba maka air pastinya mengalir dari seng yang bocor tersebut, maka dipastikan itulah sumber kebocoran yang dapat anda tandai agar memudahkan proses penambalan nantinya.

3. Pembuatan Lem untuk Menambal Seng
Lem yang digunakan adalah lem buatan sendiri yang terdiri dari gabus yang dicampur dengan bensin. Adapun langkah - langkah dalam membuat lem untuk menambal seng adalah sebagai berikut:
- Siapkan wadah
Wadah ini nantinya digunakan sebagai tempat pencampuran antara gabus dan bensin, pilihlah wadah yang nantinya memudahkan proses pencampuran serta penambalan.

- Masukkan Gabus ke dalam Wadah
Selanjutnya anda dapat memasukkan gabus tersbut ke dalam wadah yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Untuk komposisinya harus disesuaikan dengan banyaknya kebocoran yang ada.

- Tuangkan Bensi ke dalam Wadah
Jika gabus sudah dimasukkan, selanjutnya anda dapat menuangkan bensi tersebut ke dalam wadah. Tuangkan bensin ini secukupnya perhatikan komposisi dengan jumlah gabusnya.

Baca Juga:

4. Proses Penambalan
Tahap ini merupakan bagian inti dari menambal atap seng yang bocor, caranya adalah dengan menutupi seng yang bocor tersebut dengan lem yang sudah dibuat sebelumnya. Dalam memberikan lem ini harus teliti jangan sampai ada bagian yang terlewati, karena jika hal itu terjadi maka lubang pada seng tersebut tentunya masih ada dan tentunya air hujan dapat masuk ke dalam rumah melewati lubang tersebut.

Demikian informasi mengenai cara menambal atap seng yang bocor paling mudah dan cepat, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips penambalan atap seng, cara mengatasi atap seng yang berlubang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel