Cara Menambal Bak Mandi Keramik yang Bocor dengan 5 Langkah

Cara Menambal Bak Mandi Keramik yang Bocor dengan 5 Langkah - Bak mandi merupakan salah stau bagian terpenting di dalam sebuah kamar mandi, karena tujuaan utama bak mandi inilah untuk tempat penyimpanan air sehingga kita dapat dengan menggunakannya untuk keperluan mandi dan lain sebagainya. Bahan untuk membuat bak mandi ini ada bermacam - macam salah satunya adalah dari keramik.

Solusi Mengatasi Bak Mandi Keramik yang Bocor


Keramik dipilih karena selain dapat mempercantik tampilan kamar mandi juga harganya terjangkau, namun penggunaan keramik untuk ban mandi dapat muncul permasalah salah satunya adalah ketika terjadinya kebocoran. Apabila kebocoran terjadi maka mau tidak mau kita harus membongkar keramik tersebut supaya kebocoran tersebut dapat ditangani.

Jika anda sedang mencari informasi mengenai cara menambal bak mandi keramik yang bocor anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Langkah pertama yaitu dengan mempersiapkan alat dan bahan
Langkah awal ini yaitu dengan mempersiapkan segala semua yang dibutuhkan untuk proses perbaikan bak mandi yang bocor ini, adapun beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Keramik
- Semen
- Pasir
- Cetok

Untuk pemilihan keramik ini sebaiknya disesuaikan dengan jenis keramik sebelumnya, baik dari segi desain, warna serta ukuran. Pemiliha keramik yang pas tentunya dapat menimbulkan kesan keserasian pada kamar mandi anda.

2. Mendeteksi Lokasi Kebocoran
Langkah yang selanjutnya yaitu dengan mendeteksi lokasi kebocoran, hal ini menjadi penting karena dengan melakukan langkah tersebut kita dapat memperbaiki bak mandi yang bocor tanpa salah letak. Cara mendeteksi letak kebocoran adalah dengan cara melakukan pengamatan secara langsung antar bagian bak mandi tersebut, apabila terdapat tetesan atau aliran air yang keluar dari salah satu bagian. Maka dipastikan itulah letak kebocoran bak mandi tersebut. Agar memudahkan serta mengingatnya anda dapat menandai lokasi tersebut.

3. Membongkar Keramik yang Terpasang
Hal ini dilakukan apabila letak kebocoran tersebut sangat mengharuskan keramik yang sudah terpasang harus di copot dulu. Namun jika kebocoran tidak memerlukan pembongkaran, maka anda tidak perlu untuk melakukannya. 

4. Proses Penambalan Bak Mandi yang Bocor
Jika semua proses diatas sudah selesai dikerjakan, bagian ini merupakan salah satu bagian inti dari penambalan bak mandi keramik yang bocor. Untuk penambalan ini anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:
- Buatlah Adukan
Adukan ini nantinya berfungsi untuk menambal bagian yang bocor, untuk membuat adukan bahan yang dibutuhkan adalah semen, pasir serta air. Pastikan komposisi dari ketiga bahan tersebut pas sehingga penambalan dapat maksimal.

- Aplikasikan Adukan Pada Area Kebocoran
Jika adukan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu dengan mengaplikaskan adukan tersebut pada area kebocoran. Untuk pengaplisiannya anda dapat menggunakan bantuan cetok. Untuk hal ini harus dilakukan secara teliti supaya tidak ada bagian yang terlewati.

-  Tunggu Sejenak Hingga Adukan Sedikit Mengering
Diamkan beberapa saat hingga adukan yang sudah diaplikasin tersebut sedikit mengering, baru setelah itu anda dapat melanjutkan proses selanjutnya.

- Berikan Acian pada Area Penambalan
Setelah area penambalan diberi adukan dan sudah sedikit mengering. Anda harus memberikan acian pada bagian tersebut. Untuk membuat acian ini adalah dengan menggunakan campuran antara semen yang diberi air sedikit.

5. Pasang Kembali Keramik
Langkah terakhir yaitu dengan memasang kembali keramik tersebut. Untuk pemasangan keramik ini adalah dengan menggunakan adukan. Pastikan pemasangan keramik rapat sehingga air dari dalam bak mandi tidak bisa keluar.

Baca Juga:

Jika bak mandi keramik anda bocor, ikutlah beberapa tips diatas. Namun apabila anda tidak menguasinya maka anda dapat menyerahkan urusan perbaikan bak mandi yang bocor ini kepada ahli bangunan yang sudah berpengalaman.

Demikian informasi mengenai cara menambal bak mandi keramik yang bocor dengan 5 langkah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips penambalan bak mandi keramik bocor, solusi mengatasi bak mandi yang bocor, cara mencegah bak mandi bocor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel