Cara Menambal Ember yang Bocor dengan Alat Sederhana

Cara Menambal Ember yang Bocor dengan Alat Sederhana - Ember merupakan salah satu jenis peralatan rumah tangga yang juga mmepunyai peranan penting, salah satunya adalah untuk menampung air dan juga untuk memindahkan baju ketika sedang mencuci pakaian. Seperti jenis perlatan lainnya, ember ini juga dapat mempunyai permasalahan, salah satunya adalah kebocoran. 

Kebocoran pada ember ini disebabkan oleh berbagai macam seperti penggunaan secara berlebihan, umur ember itu sendir atau tertutus oleh benda yang tajam. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menambal ember yang bocor dengan alat sederahana. Jadi ketika ember anda mengalami kebocoran, maka anda jangan langsung untuk membuangnya. Anda masih dapat memanfaatkan ember tersebut namun anda harus memperbaikinya. Unuk memperbaiki ember yang bocor ini ada beberapa tahapan, Berikut ini beberapa langkah - langkah untuk menambal ember yang bocor:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah pertama untuk menambal ember yang bocor adalah dengan mempersiapkan alat dan bahan, adapun alat dan bahan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:
- Ember yang akan ditambal
- Gunting
- Kaleng Minuman Bekas Plastik
- Lilin
- Cetok

2. Proses Penambalan
Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai proses penambalan ini, adapun langkah - langkah dalam menambal ember yang bocor adalah sebagai berikut:

- Pengecekan Sumber Kebocoran
Hal ini merupakan paling penting untuk dilakukan sebelum memulai proses penambalan, untuk melakukan pengecekan kebocoran ini caranya adalah dengan mengisi ember tersebut dengan air. Apabila air yang terdapat di dalam ember tersebut keluar dari area itu, maka bisa dipastikan disitulah letak kebocorannya. 

- Tandai Letak Kebocoran
Untuk memudahkan dan mengingat saat proses penambalan, maka anda perlu untuk melakukan penandaan. Untuk penandaan ini anda dapat gunakan spidol atau alat lainnya, pastikan tanda tersebut mudah untuk dilihat dengan jelas, agar tidak salah tempat penambalananya.

- Gunting Keleng Minuman Bekas
Jika letak kebocoran sudah diketahui, anda dapat memotong kaleng minuman bekas plastik tersebut dengan menggunakan gunting, sesuaikan ukurannya dengan yang dibutuhkan.

- Nyalakan Lilin
Lilin ini nantinya berfungsi untuk melelehkan kaleng minuman bekas sehingga dapat menempel di ember dan menutupi bagian yang bocor.

- Letakkan Ember yang sudah diberi kaleng minuman tepat diatas lilin
Posisikan ember yang sudah diberi kaleng minuman tersebut tepat diatas lilin, diamkan beberapa saat hingga kaleng tersebut meleleh.

- Lakukan Penekanan dan Perataan dengan  Menggunakan Cetok
Agar hasil penambalan merata dan kuat, anda harus melakukan penekanan dengan menggunakabn cetok. Ketika proses ini sebaiknya dilakukan dengan hati - hati, karena plastik yang meleleh tersebut sangat panas sekali, jadi sangat berbahaya jika terkena badan.

Baca Juga:

- Diamkan Hingga Kering Sebelum digunakan
Diamkan beberapa saat hingga penambalan tersebut kering dengan sempurna.

Sebenarnya banyak sekali cara untuk menambal ember yang bocor, namun tips diatas menjadi salah satu tips yang mudah dan murah untuk anda praktekkan langsung di rumah. Demikian informasi mengenai cara menambal ember yang bocor dengan  alat sederhana, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips penambalan ember yang bocor, solusi mengatasi ember yang bocor dengan mudah.