Cara Menambal Jas Hujan yang Robek dengan Alat Sederhana

Cara Menambal Jas Hujan yang Robek dengan Alat Sederhana - Jas hujan merupakan salah satu perlengkapan yang penting untuk dibawa saat musim hujan, dengan menggunakan jasa hujan ini nantinya kita akan terlindungi dari air hujan. Biasanya jas hujan ini terbuat dari bahan seperti karet dan lain sebagainya, oleh karena itu biasanya jas hujan juga dapat robek. 

Kumpulan Teknik Menambal Jas Hujan yang Robek


Banyak sekali penyebab jas hujan menjadi robek salah satunya adalah terkena benda yang tajam, cara penggunaan yang salah dan masih banyak lagi penyebabnya. Jika anda mengalami hal ini maka anda dapat melakukan perbaikan jas hujan yang robek tersebut, kali ini kita akan membahas tentang cara menambal jas hujan yang robek dengan mudah.

Seperti halnya penambalan pada media lainnya, untuk proses penambalan jas hujan ini juga membutuhkan beberapa alat dan bahan, adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai beikut:

- Jarum
- Benang
- Gunting
- Jas Hujan yang Rusak
- Lem Karet

Pada tips kali ini untuk mengatasi jas hujan robek adalah dengan  melakukan penambalan bagian yang robek tersebut dengan menggunakan jas hujan yang sudah rusak. Untuk lebih jelasnya anda dapat mengikuti beberapa tahapan berikut ini:

1. Penentuan Area dan Teknik Penambalan yang digunakan nantinya
Langkah awal dalam menambal jas hujan yang robek adalah dengan menentukan area yang akan ditambal. Dengan begitu nantinya kita juga dapat memperkirakan teknik penambalan seperti apa yang harus dilakukan, apakah hanya dijahit saja atau harus ditambal.

2. Bersihkan Jas Hujan
Sebelum proses penambalan dimulai, sebaiknya bersihkan bagian jas hujan tersebut yang akan dilakukan penambalan. Hal ini bertujuan agar memudahkan dalam proses penambalan nantinya.

3. Lakukan Pengukuran
Selanjutnya anda harus melakukan pengukuran pada bagian yang robek tersebut, karena ukuran ini nantinya digunakan untuk pedoman kita dalam memotong jas hujan bekas yang akan digunakan untuk penambalan area yang robek tersebut.

4. Posisikan Jas Hujan di Tempat yang Datar
Sebelum menjahit, pastikan posisi jas hujan tersebut berada pada landasaran yang datar. Hal ini memudahkan kita dalam melakukan pengeleman nantinya.

5. Lakukan Pengeleman
Jika bagian yang akan ditambal sudah diberi tambalan, maka anda dapat memberikan lem pada bagian tersebt, tujuannya agar ketika proses penjahitan tambalan tersebut tidak bergeser.

Baca Juga:

6. Proses Penjahitan
Jika pengeleman sudah selesai, langkah selanjutnya adalah dengan menjahit bagian yang robek tersebut, tujuannya selain agar tambalan menjadi rapi juga dapat memperkuat tambalan tersebut. Jahitlah secara teliti dan hati - hati, agar hasil yang didapatkan maksimal.

Jika jas hujan anda masih bangus, dan ternyata ada bagian yang sobek maka hal ini sangat disayangkan sekali, oleh karena itu anda dapat melakukan penambalan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Demikian informasi mengenai cara menambal jas hujan yang robek dengan alat sederhana, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips penambalan jas hujan dengan mudah, cara mengatasi jas hujan yang sobek, cara merawat jas hujan agar awet.