Cara Menambal Kasur Angin yang Bocor

Cara Menambal Kasur Angin yang Bocor - Kasur merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang termasuk penting, saat ini model dan bentuk kasur terdapat berbagai macam. Salah satunya adalah kasur angin. Mengapa disebut dengan kasur angin? karena kasur ini terbuat dari karet yang di dalamnya terdapat angin, sehingga ketika digunakan terasa empuk dan nyaman sekali.

Tips Mengatasi Kasur Angin yang Bocor


Namun kasur jenis ini juga dapat mengalami kebocoran, nah jika anda mengalaminya ikutilah beberapa langkah - langkah dalam menambal kasur angin yang bocor. Sebelum masuk ke dalam proses penambalan. Ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

- Lem
- Ban Sepedan Bekas  ( Bagian dalam )
- Amplas
- Gunting

Jika semua alat dan baha sudah siap, anda dapat memulai proses penambalan kasur angin, adapun langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Menentukan Letak Kebocoran
Hal ini merupakan salah satu tindakan yang penting untuk dilakukan sebelum menambal kasur angin yang bocor. Untuk mendeteksi letak kebocoran ini ada berbagai macam antara lain sebagai berikut:
- Dengan Mendengarkan Langsung
Untuk menentukan letak kebocoran pertama adalah dengan mendengarkannya secara langsung. Untuk cara ini adalah lebih untuk mendeteksi kebocoran dengan lubang yang besar sehingga dengan mendengarkan nantinya dapat diketahui letaknya, namun dengan cara ini tidak cocok untuk jenis kebocoran yang kecil.


- Merasakan Secara Langsung
Cara menentukan letak kebocoran selanjutnya adalah dengan merasakannya secara langsung. Caranya adalah dengan meraba antara satu bagian ke bagian lainnya, jika terasa ada aliran udara yang mengenai tangan, maka dipastikan area tersebut merupakan sumber kebocoran.

- Menggunakan Air
Cara ini merupakan salah satu cara yang sering digunakan oleh tukang tambal ban yaitu dengan memasukkan kasur angin  tersebut ke dalam air, apabila anda gelembung yang terdapat di dalam air. Maka dipastikan itulah sumber kebocoran.

- Menggunakan Sabun
Untuk menentukan letak kebocoran dengan menggunakan sabun caranya adalah dengan mengoleskan sabun tersebut ke permukaan kasur, apabila ada gelembung maka area tersebut merupakan bagian yang mengalami kebocoran.

2. Tandai Area Kebocoran
Setelah menentukan letak kebocoran, selanjutnya yaitu dengan melakukan penandaan area kebocoran. Untuk melakukan penandaan itu sendiri dapat menggunakan spidol. Pastikan dalam membuat tanda ini dapat terlihat dengan jelas, agar proses penambalana tidak salah tempat.

3. Gunting Ban Bekas Secukupnya
Selanjutnya anda dapat menggunting ban bekas tersebut secukupnya, sebelum menggunting sebaiknya ukurlah terlebih dahulu area kebocoran tersebut agar ban dapat menutupi area kebocoran dengan sempurna.


4. Berikan Lem Pada Area Kebocoran
Berikan lem pada area kebocoran tersebut, lem ini nantinya berfungsi untuk menempelkan ban bekas tersebut.

5. Tempelkan Ban Bekas ke Area yang Sudah di Berikan Lem
Tempelkan ban tersebut ke dalam area yang sudah diberikan lem, untuk proses ini sebaiknya dilakukan secara hati - hati dan teliti, agar area tersebut dapat tertutupi semua.

6. Lakukan Penekanan
Agar hasil penambalan bagus, anda dapat melakukan  penekanan pada area yang sudah ditambal tadi. Tujuannya juga supaya lem dapat menempel dengan baik.


7. Lakukan Pengamplasan
Jika dirasa penambalan sudah menempel dengan baik, maka anda dapat melakukan pengamplasan. Tujunannya agar hasil penambalan tersebut terlihat rapi.

Cara Menambal Kasur Angin yang Bocor
Cara Menambal Kasur Angin yang Bocor


Demikian informasi mengenai cara menambal kasur angin yang bocor, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips penambalan kasur angin dengan mudah, cara mengatasi kasur angin yang bocor, cara merawat kasur angin.