Cara Menambal Wajan Penggorengan yang Bolong dengan Mudah

Cara Menambal Wajan Penggorengan yang Bolong dengan Mudah - Wajan merupakan salah satu alat masak yang biasanya digunakan untuk penggorengan, oleh karena itu kehadirannya sangat penting sekal apalgai bagian ibu rumah tangga. Namun permasalahn yang sering terjadi adalah wajan tersebut berlubang. Banyak faktor yang menyebabkan wajan menjadi berlubang misalnya karena umur dari wajan tersebut, serta kualitas bahan yang kurang bagus.

Jika anda mengalaminya, maka jangan langsung membuang wajan tersebut. Berikut ini beberapa tips cara menambal wajan penggorengan yang bolong dengan mudah. Salah satu cara untuk menambal wajan penggorengan yang bolong adalah dengan cara penambalan. 

Ada beberapa tahapan dalam menambal wajan penggorengan yang bolong seperti persiapan bahan serta proses penambalan. Berikut ini masing - masing penjelasan tahapanya.

1. Persiapan Alat dan Bahan
Untuk menambal wajan ini membutuhkan beberapa alat dan bahan antara lain sebagai berikut:
- Sticker Aluminium Voil
- Wajan yang Akan di Lakukan Penambalan
- Lem Khusus
- Palu

2. Proses Penambalan
Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat langsung memulai proses penambalan, adapun proses penambalan ini dapat mengikuti beberapa langkah - langkah sebagai berikut:

- Menetukan Letak Kebocoran
Langkah awal sebelum melakukan penambalan adalah dengan menentuka letak kebocoran pada wajan tersebut. Untuk mementukan letak kebocorannya anda dapat menggunakan berbagai cara seperti:
  • Mengisinya dengan Air
Untuk menentukan letak kebocoran yang pertama adalah dengan cara mengisi wajan tersebut dengan air, apabila ada air yang keluar dari wajan tersebut dapat dipastikan itulah daerah yang mengalami kebocoran.
  • Melakukan Penerangan dengan Sinar Matahri
Cara menentukan letak kebocoran selanjutnya adalah dengan melakukan penerawangan ke arah sinar matahari, caranya adalah angkat wajan tersebut lalu lakukan pengamatan dari bawah apabila ada wajan yang berlubang, maka itulah letak kebocorannya.

-  Berikan Pasta Gigi di Area Kebocoran
Selanjutnya berikan pasta gigi pada area kebocoran, untuk hal ini ukuran yang diberikan disesuaikan saja dengan kondisi lubangnya, apabila lubangnya besar maka pasta gigi yang diberikan banyak, namun apabila lubangnya kecil berikanlah pasta gigi sedikit saja.

- Potong dan Tempelkan Sticker Aluminium Voil
Agar lubang tersebut tidak bocor lagi, maka anda dapat menambalnya dengan menggunakan sticket alumium voil, potonglah sticker tersebut sesuai kondisi lubang. Pastikan lubang tersebut tertutupi semua. Kemudian tempelkan sticker tersebut pada area yang berlubang.

Baca Juga:

- Diamkan Hingga Kering
Setelah itu diamkan hingga lem yang ada kering sebelum digunakan.

Banyak cara mengatasi wajan penggorengan yang bolong, salah satunya adalah dengan melakukan penambalan. Demikian informasi mengenai cara menambal wajan penggorengan yang bolong dengan mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara mengatasi wajan yang berlubang, tips penambalan wajan yang bocor, cara merawat wajan agar tidak bocor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel