Cara Pasang Fan Tambahan di CPU Bagi Pemula

Cara Pasang Fan Tambahan di CPU Bagi Pemula - Fan atau yang sering disebut dengan  kipas ini berfungsi untuk menjaga suhu dari cpu tersebut. Pemasangan fan ini termasuk wajib apalagi bagi anda yang menggunakan cpu tersebut dengan durasi waktu yang sangat lama,oleh karena itu perawatan harus dilakukan agar kinerja cpu tersebut optimal, salah satu merawatnya adalah dengan menjaga sirkulasi udara yang terdapat cpu itu sendiri.

Langkah - Langkah dalam Memasang Fan di Casing CPU


Jika anda termasuk baru dalam hal pemasangan fan tambahan ini, maka tips berikut ini sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tutorial pemasangan fan di casing cpu yang baik dan benar. Sebelum lanjut ke proses pemasangan, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan antara lain sebagai berikut:
- Fan CPU
- Obeng
- Baut
- Casing CPU

Jenis dan ukuran fan cpu ini ada berbagai macam dari ukuran kecil sampai besar, bentuknya juga macam - macam, ada yang sudah dilengkapi dengan lampu dan ada juga yang tidak. Pilihlah fan yang sesuai dengan keinginan. Adapun obeng yang digunakan adalah obeng plus, karena kebanyakan baut yang nanitnya digunakan adalah baut plus. Jika semua alat dan bahan sudah siap, anda dapat memulai proses pemasangan fan ini, adapun langkah - langkah dalam memasang fan tambahan ini adalah sebagai berikut:

1. Bawalah Casing CPU Tersebut di Tempat yang Nyaman
Untuk pemasangan sebaiknya bawalah casing cpu tersebut di tempat yang nyaman baik dari segi penerangan serta tempat menaruh casing tersebut. Dengan begitu pemasang fan akan berlansung dengan lancar.

2. Buka Casing CPU
Langkah selanjutnya adalah anda harus membukan casing cpu tersebut, untuk membukanya dapat menggunakan obeng yang sudah disiapkan sebelumnya.

3. Tentukan Letak Pemasangan
Casing cpu model sekarang, sudah dilengkapi tempat untuk meletakkan kipas banyak sekali, seperti ada yang di bagian belakang, depan, dan atas. Sesuaikan letak pemasangan sesuai dengan keinginan.

4. Berikan Baut Untuk Pemasangan
Jika letak pemasangan sudah ditentukan, maka selanjutnya anda dapat mengatur posisinya. Pastikan posisi tersebut pas artinya tidak miring dan lain sebagainya. Jika sudah anda dapat memberikan baut, tujuannya agar fan tersebut tidak jatuh dan tidak goyang. Pastikan pemasangan baut ini kuat, untuk pemasangan bautnya dapat menggunakan obeng plus tadi.

5. Tancapkan Kabelnya
Selanjutnya agar fan tersebut dapat berfungsi, anda harus menacpakan kabel tersebut sesuai dengan lubangnya. Biasanya di motherboard tersebut sudah ada, namun anda juga dapat memasangnya di kabel power supply.

6. Lakukan Pengetesan
Agar tahu apakah fan yang baru dipasang menyala atau tidak, maka anda harus melakukan pengetesan caranya adalah dengan menyalakan cpu tersebut. Apabila kipas memutar, maka pemasangan berhasil.

Baca Juga:

7. Tutup Kembali Casing CPU
Jika dirasa pemasangan sudah benar, langkah terakhir adalah dengan menutup kembali cover casing cpu tersebut. Caranya dengan memasukkannya serta memberikan baut kemudian baut tersebut dikencangkan.

Dalam pemasangan fan cpu ini mudah sekali dilakukan, jika cpu anda ingin ditambahi fan. Sebaiknya pilihlah jenis fan yang mempunyai kualitas terbaik. Demikian informasi mengenai cara pasang fan tambahan di cpu bagi pemula, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara pemasangan fan cpu, tips memasang kipas di casing cpu, jenis fan cpu yang paling bagus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel