Langkah - Langkah Cara Menambal Dak yang Bocor

Langkah - Langkah Cara Menambal Dak yang Bocor - Dak yang bocor tentunya dapat menyebabkan tidak nyaman di dalam rumah. Misalnya ketika musim hujan tiba, air akan masuk ke dalam rumah lewat dak yang bocor tersebut, apabila anda mengalami kejadian ini maka anda harus melakukan perbaikan.

Kali ini kita akan membahas tentang cara menambak dak yang bocor dengan mudah, sebelum masuk ke dalam perbaikan dak bocor. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang penyebab dak beton bocor ini. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

- Memperhatikan Kemiringan Dak Beton
Ketika musim hujan tiba, air akan mudah menggenang pada bagian yang mempunyai kemiringan yang rendah. Artinya permukaan dak tersebut tidak rata sehingga memudahkan air untuk menggenang di tempat tersebut, hal inilah yang dapat menyebabkan air tersebut rembes dan akhirnya masuk ke dalam rumah. 

- Kualitas Beton yang Kurang Bagus
Penyebab kebocoran dak selanjutnya yaitu kurangnya kualitas beton itu sendiri, dengan kualitas beton yang rendah tentunya dapat mengakibatkan kebocoran pada dak tersebut mudah timbul.

Jika anda mengalami hal serupa, maka anda dapat melakukan langkah perbaikan yaitu dengan cara penambalan. Adapaun langkah - langkah cara menambal dak yang bocor adalah sebagai berikut:

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan yang dibutuhkan
Sebelum memulai proses penambalan ini, ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:
- Semen
- Pasir
- Air
- Palu
- Pahat Beton
- Wadah
-  Kape
- Kuas

2.  Pembuatan Adukan
Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, anda dapat melanjutkan proses selanjutnya yaitu pembuatan adukan, adapaun cara untuk membuat adukan adalah sebagai berikut:
- Masukkan semen ke dalam wadah
Masukkanlah semen tersebut ke dalam wadah, pastikan komposisinya pas.

- Masukkan pasir
Setelah itu anda dapat memasukkan pasir, pastikan pasir yang dimasukkan sesuai dengan semen yang ada.

- Berikan Air
Jika semen dan pasir sudah tercampur, maka anda dapat memberikan air. Untuk pemberian air ini juga harus disesuaikan, jangan sampi kebanyakan ataupun terlalu sedikit.

- Aduk Hingga Merata
Aduklah bahan - bahan tersebut hingga merata.

3. Pembongkaran
Sebelum melakukan penambalan, anda dapat melakukan pembongkaran, maksud pembongkaran disini adalah melebarkan area kebocoran tujuannya adalah untuk memudahkan proses penambalan serta hasil penambalan dapat maksimal. Untuk melakukan pembongkaran ini anda dapat menggunakan pahat beotn serta palu.

4. Penambalan
Jika semua proses diatas sudah di lakukan, langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan penambalan. Untuk proses penambalan ini adalah dengan memberikan adukan yang sudah dibuat sebelumnya, tempelkan pada area kebocoran. Pastikan kebocoran tersebut dapat tertutupi.

Baca Juga:

Untuk menambal dak bocor ini banyak seklai caranya, masing - masing cara tentunya mempunyai tingkat kesulitas masing - masing. Untuk proses penambalan ini sebaiknya juga harus disesuaikan dengan kondisi kebocoran yang ada.

Demikian informasi mengenai langkah - langkah cara menambal dak yang bocor, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips penambalan dak yang bocor, tutorial penambalan dak yang bocor, cara mengatasi dak bocor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel