Panduan Menggunakan Gergaji Mesin Kayu Bagi Pemula

Panduan Menggunakan Gergaji Kayu Bagi Pemula - Saat ini perkembangan teknologi sangat pesat, ini ditandai oleh munculnya berbagai alat - alat yang memudahkan kita dalam sehair - hari, salah satu contohnya adalah gergaji ini. Dulu jika kita ingin memotong kayu masih menggunakan gergaji biasa yang dari segi waktu dan tenaga tentunya kurang efisien.

Saat ini sudah hadir mesin gergaji kayu yang dapat memudahkan anda dalam pemotongan kayu tanpa capek dan dengan hasil yang lebih cepat. Jika anda baru dalam  menggunakan gergaji mesin ini, maka tips berikut ini perlu anda coba. Saat ini kami akan membahas tentang tutorial penggunaan gergaji mesin kayu untuk pemula

Tips Memotong Kayu dengan Gergaji Mesin


Untuk menggunakan gergaji mesin ini ada beberapa tahapan seperti persiapan alat dan bahan, mengenakan alat standard keselamatan, melakukan pengukuran, proses pemotongan , dll. Berikut ini penjelasan dari masing - masing prosesnya.

Kayu
Kayu


1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah ini merupakan salah satu proses awal yang harus anda lakukan, karena tanpa adanya alat dan bahan berikut ini proses pemotongan kayu tidak dapat berjalan. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Gergaji Mesin
- Penggaris
- Spidol
- Alat Ukur Meteran

Untuk gergaji mesin ini ada banyak sekali, masing - masing mesin tentunya berbeda cara pernggunaannya. Oleh karena itu sebaiknya pilihlah jenis gergaji mesin yang mudah dalam hal pengoperasiannya.

2. Pakailah Alat Standard Keselamatan
Aga tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, maka pakaialah alat standard keselamatan seperti: Sarung tangan, pakaian yang panjang, kacamata dan lain sebagainya.

3. Proses Pengukuran
Sebelum dipotong tentunya kita harus menentukan terlebih dahulu area mana saja yang akan dilakukan pemotongan, oleh karena itu kita harus melakukan pengukuran. Untuk proses ini anda dapat menggunakan alat ukur meteran.

4. Tandai Area Pemotongan
Jika sudah dilakukan pengukuran, maka selanjutnya anda dapat menandai area pemotangan tersebut dengan spidol, tujuannya agar memudahkan kita dalam proses pemotongan serta nantinya tidak salah letaknya. Agar garis tersebut lurus, anda dapat menggunakan penggaris.

5. Mempersiapkan Mesin
Sebelum digunakan sebaiknya gergaji mesin tersebut harus dicek apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Jangan lupa cek mata pisau, apakah sudah sesuai dengan kondisi kayu yang akan dipotong atau belum.

Baca Juga:

6. Proses Pemotongan
Jika semua langkah diatas sudah dilakakan, maka anda dapat memulai proses penggunakan mesin gergaji tersebut untuk memotong kayu, adapaun caranya adalah sebagai berikut:
- Colokkan kabel mesin gergaji ke stop kontak
- Arahkan gergaji mesin tepat di atas obyek yang akan dilakukan pemotongan
- Pastikan posisinya pas dengan area yang sudah ditandai sebelumnya
- Nyalakan mesin dengan menenkan tombol on
- Selama proses pemotongan ini anda tidak boleh menggerakkan mesin, tujuannya agar mesin dapat berkerja dengan lurus. 
- Untuk memegangnya, anda harus menahannya dengan kencang
- Untuk menggunakan gergaji mesin ini harus hati - hati dan konsentrasi
- Matikan mesin dengan mencabut colokkan apabila proses pemotongan sudah selesai.

Cara Menggunakan Gergaji Mesin
Cara Menggunakan Gergaji Mesin


Jika anda baru saja membeli gergaji mesin dan tidak tahu caranya maka anda dapat mengikuti buku pedoman yang ada di dalam kemasan gergaji mesin tersebut. Dengan menggunakan gergaji mesin ini tentunya memudahkan kita dalam hal pemotongan kayu. Demikian informasi mengenai panduan menggunakan gergaji mesin kayu bagi pemula, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips penggunaan gergaji mesin, tutorial penggunaan gergaji mesin, cara memotong kayu dengan gergaji mesin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel