Cara Memasang Pipa Pompa Air di Sumur

Cara Memasang Pipa Pompa Air di Sumur - Pompa air  merupakan salah satu alat yang sangat bermanfaat sekali, dengan menggunakan alat ini kita dalam mengambil air dari dalam sumur dengan mudah dan tanpa perlu capek. Saat ini jenis pompa air banyak sekali, masing - masing jenis tentunya mempunyai rentang harga yang berbeda - beda, dari murah hingga mahal. Jika anda sedang mencari informasi mengenai cara memasang pipa pompa air di sumur berikut ini informasinya.

Ketika anda sudah membeli pompa air baru, maka hal yang harus anda lakukan adalah dengan memasang pompa air tersebut, proses pemasangan pompa air di dalam sumur ini ada beberapa tahapan seperti pemasangan pipa, mengukur kedalaman sumur dan lain sebagainya, Nah berikut ini merupakan beberapa langkah dalam memasang pipa pompa air di sumur yang dapat anda lakukan:

1. Siapkan Alat dan Bahan
Dalam pemasangan pipa pompa air ini ada beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan antara lain sebagai berikut:
- Gergaji Besi
- Pipa Paralon
Ukuran pipa paralon banyak sekali jenisnya, oleh karena itu sesuaikanlah dengan lubang yang terdapat di pompa air anda, pastikan ukurannya pas agar ketika dipasang tidak mudah lepas sehingga dapat berfungsu secara maksimal.
- Lem Pipa
Lem ini berfungsi agar sambungan antar pipa erat sehingga kuat dan tidak mudah lepas.
- Sambungan Pipa
Sambungan pipa ini berfunsgi untuk menyambung antara pipa yang satu dengan yang lainnya.

2. Pengukuran Kedalaman Sumur
Selanjutnya anda harus mengukurr kedalam sumur, hal ini diperlukan karena dengan mengetahui kedalam sumur, maka memudahkan kita dalam menentukan berapa jumlah pipa yang dibutuhkan serta sampai mana saja pipa tersebut akan dipotong ataupun disambung.

3. Penyambungan Pipa
Setelah ukuran sudah diketahui, maka selanjutnya anda harus menyembung pipa paralon tersebut, karena biasanya 1 pipa mempunyai batas ukuran tertentu sehingga tidak memungkinkan juga apabila ke dalaman sumur tersebut sekitar 10 meter hanya memelukan 1 pipa. Untuk proses penyambungan ini dapat dilakukan dengan cara memasang penyambung pipa yang mempunyai ukuran yang pas, kemudian agar lebih kuat lagi anda dapat memberikan lem yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca Juga:

4. Pemasangan Pipa di Pompa
Setelah semua proses diatas sudah dilakukan, selanjutnya adalah dengan memasang pipa tersebut di pompa, dalam pemasangan pipa di pompa ini pastikan tidak ada kebocoran karena hal itu dapat berpengaruh terhadap  kinerja pompa air tersebut dalam menghantarkan air. Jika perlu anda dapat menambahkan tali yang terbuat dari ban dalam motor untuk mengikat sambungan pipa di bagian bawah tersebut, hal ini agar udara dan air tidak keluar, sehingga pompa air tersbut dapat mengalir dengan baik.

Dalam memasang pipa pompa air ini banyak sekali tekniknya, sebaiknya gunakanlah teknik yang memudahkan kita dalam hal pemasangan pipa pompa air. Apabila anda tidak bisa melakukannya sebaiknya serahkan urusan tersebut kepada ahli yang sudah berpengalam dalam bidangnya. Demikian informasi mengenai cara memasang pipa pompa air di sumur, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pemasangaan pipa paralon di pompa air, cara agar pipa paralon kuat di pompa air, tips pemasangan pompa air di dalam sumur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel