-->

Cara Membersihkan Kandang Lovebird yang Baik dan Benar

Cara Membersihkan Kandang Lovebird yang Baik dan Benar - Kandang lovebird merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk ternak lovebird. Oleh karena itu menjaga kebersihan kandang ini harus dilakukan, karena dengan kandang yang kotor pastinya akan membuat burung lovebird tersebut tidak nyaman serta nantinya dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Tips Membersihkan Kandang dan Cara Beternak Lovebird Untuk Pemula


Kali ini kita akan memberikan beberapa tips cara membersihkan kandang lovebird yang baik dan benar. Dengan membersihkan kandang lovebird secara baik dan benar maka dapat membuat kandang bersih serta terhindar dari berbagai serang penyakit.

Untuk membersihkan kandag lovebird ini membutuhkan beberapa alat dan bahan, adapun beberapa alat dan bahannya adalah sebagai berikut:
- Pakaian Bekas
- Air
- Sikat
- Lap Bersih

Jika semua alat dan bahan diatas sudah siap, maka anda dapat memulai proses pembersihan kandang lovebird. Berikut ini beberapa langkah dalam membersihkan kandang lovebird yang baik dan benar:

1. Tentukan Waktu Pembersihan
Untuk memberihkan kandang lovebird ini bisa anda lakukan pada pagi hari, antara mulai jam 7. Dengan begitu, kotoran atau sisa makanan dari hari sebelumnya dapat kita bersihkan. 

2. Cara Membersihkan
Selanjutnya anda memasuki tahap pembersihan.Untuk membersihkan kandang lovebird ini dibagi menjadi dua macam berdasarkan jenis kandangnya. Berikut ini penjelasan masing - masing:

  • Kandang Bulat atau Gantung
 Jika anda menggunakan kandang model gantung, maka cara membersihkannya adalah sebagai berikut:

- Bawah kandang di tempat yang nyaman
Langkah pertama adalah dengan membawa kandang tersebut di tempat yang nyaman, hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam membersihkan kandang tersebut. Sewlain itu pastikan area yang anda pilih mempunyai penerangan yang cukup agar kotoran dan sisa - sisa makanan yang menempel dapat terlihat dengan jelas. 

- Keluarkan Penampungan Kotoran
Selanjutnya anda harus mengeluarkan penampungan kotoran yang terdapat di bagian bawah kandang.

- Proses Pembersihan
Jika penampungan kotoran sudah berada di luar kandang, maka anda dapat langsung membersihkannya yaitu dengan cara mengelapnya dengan pakaian bekas. Pastikan kotoran ataupun sisa - sisa makanan yang menempel dapat hilang. Agar lebih bersih laigi, anda dapat mencuci penampungan kotoran tersebut dengan air. Kemudian lap dengan kain yang kering.

- Pasang Kembali Penampungan Kotoran
Jika dirasa proses pembersihan kandang lovebird bentuk bulat sudah selesai, maka anda dapat memasang kembali penampungan kotoran tersebut.
  • Kandang Lovebird Kotak atau Ternak
Berbeda halnya dengan kandang bulat yang mudah untuk dibersihkan, karena dapat dibawa kemana -mana. Untuk kandang ternak lovebird ini cara memberihkannya sedikit ribet. Adapun alaty dan baha n yang dibutuhkan masih sama dengan yang tadi. Berikut ini beberapa langkah dalam membersihkan kandang lovebird kotak yang baik dan benar.

- Keluarkan Penampungan Kotoran
Biasanya kandang ternak ini mempunyai tingkat kekotoran yang lebih, karena biasanya dalam satu kandnag ada 2 ekor burung lovebird, maka kotoran yang dihasilnya pun bertambah. Nah langkah pertama yang harus anda lakukan untuk membersihkan kandang kotak lovebird adalah dengan mengeluarkan penampungan kotoran dari kandangnya.

Baca Juga:

- Proses Pembersihan
Sama halnya dengan kandnag bulat tadi, untuk memberishkannya adalah cukup dengan mengelap kotoran hingga bersih kemudian mencucinya setelah itu di lap hingga kering. Namun untuk kandang ternak ada beberapa aksesoris tambahan yang juag harus dibersihkan seperti glodok, biasanya glodok ini seirng sekali kotor, karena biasanya lovebird sering untuk bertennger di atas glodok. Nah untuk membersihkan glodok lovebird ini dapat anda lakukan dengan melakukan pengelapan.

Burung Lovebird Hijau
Burung Lovebird Hijau


Teknik dalam membersihkan kandang lovebird ini ada berbagai macam, jadi pilihlah teknikyang mudah untuk dilakukan. Demikian informasi mengenai cara membersihkan kandang lovebird yang baik dan benar, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembersihan kandang lovebird, tips merawat kandang ternak lovebird, cara beternak lovebird untuk pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel