Cara Membuat Kuas dengan Bahan yang Mudah di Jumpai Sehari - Hari

Cara Membuat Kuas dengan Bahan yang Mudah di Jumpai Sehari - Hari - Kuas merupakan salah satu alat yang sangat bermanfaat sekali, saat ini banyak sekali jenis kuas yang tersedia dipasaran. Ukurannya juga berbeda - beda, ada yang kecil hingga yang berukuran besar. Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kuas dengan bahan yang mudah dijumpai sehari - hari.

Apabila anda ingin membuat kuas, maka anda dapat mengikuti beberapa tahapan berikut ini:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Dalam pembuatan kuas ini, membutuhkan alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

- Bulu Kuas
Untuk membuat bulu kuas ini banyak sekali bahannya, anda dapat menggukan tanaman,maupun rambut.
- Pegangan
Pegangan ini dapat terbuat dari kayu maupun bahan lainnya, pastikan pegangan ini nyaman ketika digunakan nantinya.
- Lem
Lem ini berfungsi agar bulu yang dipasang nantinya dapat merekat dengan kuat di pegangan, oleh karena itu sebaiknya pilihlah lem yang mempunyai kualitas baik. 
- Benang
Agar rapi, anda dapat memasangkan benang untuk menutupi lem dan bagian atas bulu.

2. Proses Pembuatan
Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap, maka anda dapat memulai proses pembuatan kuas. Untuk prosesnya sendiri dibagi menjadi beberapa tahapan. Berikut ini merupakan beberapa tahapan dalam proses pembuatan kuas:

a. Berikan Lem di Bagian Ujung Pegangan
Langkah pertama adalah dengan memberikan lem pada bagian ujung pegangan tersebut.Pastikan semua bagian yang akan dipasangi bulu sudah diberi lem secara merata.

b. Pemasangan Bulu
Setelah lem sudah diaplikasikan, maka selanjutnya anda dapat memasangkan bulu yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Caranya adalah dengan menempelkan bulu tersebut diatas lem. Pastikan dalam proses ini dilakukan secara teliti dan hati - hati, agar hasil yang didapatkan juga maksimal.
Selain itu pastikan bahwa ujung dari bulu tersebut rata antara satu dengan yang lainnya.

c. Pemasangan Benang
Apabila semua bulu sudah terpasang, maka anda harus mengikatnya dengan benag. Tujuannya agar bulu yang terpasang tidak mudah lepas dan akan membuat penampilan kuas yang kita buat menjadi rapi.

d. Diamkan hingga lem kering
Sebelum melanjutkan proses selanjutnya, anda harus mendiamkan kuas tersebut hingga lem yang ada mengering secara sempurna.

Baca Juga:

e. Rapikan Ujung Bulu
Langkah terakhir adalah dengan merpaikan ujung - ujung bulu dengan cara melakukan pemotongan.Alat yang dapat anda gunakan dalam proses ini adalah gunting.

Kuas
Kuas


Jadi, apabila anda ingin membuat kuas ikutilah tips diatas, dengan membuat kuas sendiri tentunya dapat kita sesuai ukurannya dengan funsginya. Demikian informasi mengenai cara membuat kuas dengan bahan yang mudah kita jumpai sehari - hari, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan kuas dengan mudah, tutorial pembuatan kuas kecil sampai yang besar.