Cara Mengaci Tembok dengan Mudah

Cara Mengaci Tembok dengan Mudah - Tembok merupakan ssalah satu hal terpenting dalam sebuah bangunan, cara finishing tembok ini biasanya yaitu dengan cara di plester kemudian di lakukan pengacian, saat ini kita akan membahas tentang cara mengaci tembok dengan mudah.

Sebelum memulai prosesnya, mari kita ketahui dulu apa saja tujuan pengacian tembok ini, berikut ini merupakan beberapa manfaat pengacian pada tembok:
- Menutup Pori - Pori yang ada di Tembok
Dengan melakukan pengacian ini, maka pori -pori yang terdapat di permukaan tembok tersebut akan tertutup.
- Hasil Pengecatan Halus
Sebelum pengecatan, tembok wajib dilakukan pengacian agar hasil yang didapatkan maksimal saat proses pengecatan.
- Tembok Lebih Kuat
Dengan pengacian ini, tekstur tembok tentunya semakin kuat, karena bagian satu dengan lainnya menyatu.

Jika sudah mengetahui tujuan dari pengacian tembok, selanjutnya adalah bagaimana langkah - langkah dalam mengaci tembok. Berikut ini beberapa prosesnya:

1. Persiapan Alat dan Bahan
Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengaci tembok ini adalah dengan menyiapkan beberapa alat dan bahan, berikut ini merupakan alat dan bahan yang dibutuhkan:
- Semen
- Wadah
- Air
- Kape
- Kemasan Semen
- Cetok

2. Penentuan Area
Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan area mana saja yang akan dilakukan pengacian, karena area ini nantinya kita jadikan patokan berapa semen yang dibutuhkan.

3. Pembuatan Acian
Jika  semua langkah diatas sudah dilakukan, maka selanjutnya adalah proses pembuatan acian. Untuk pembuatan acian ini bahan - bahannya adalah semen yang dicampur dengan air. Berikut ini detail dalam pembuatan acian:

- Siapkan Wadah
Wadah yang dapat anda gunakan bisa berupa ember atau yang lainnya, pilihlah wadah yang nantinya memudahkan kita dalam mengambil acian tersebut.

- Tuangkan Semen ke dalam Wadah
Selanjutnya taungkan semen ke dalam wadah yang sudah disiapkan sebelumnya, untuk banyaknya semen tergantung dengan area yang akan dilakukan pengacian. Namun sebaiknya untuk pembuatan acian ini bertahap saja, karena apabila acian yang dibuat terlalu banyak nantinya tidak terpakai,karena acian ini cepat mengering apabila tidak segera digunakan.

- Berikan Air Secukupnya
Jika semen sudah dimasukkan, selanjutnya anda dapat memberikan air ke dalam wadah tersebut, air yang dibutuhkan dalam pembuatan acian ini hanyalah sedikit.

- Aduk Hingga Campur Merata
Agar bercampur antara semen dan air, maka anda dapat melakukan pengadukan. Adapun alat yang dapat anda gunakan unttuk mengaduk ini adalah dengan menggunakan cetok atau alat lainnya.

4. Proses Pengacian
Jika pembuatan acian sudah selesai, maka anda dapat menggunakan acian tersebut untuk memulai proses pengacian. Berikut ini beberapa tahapan dalam pengacian tembok yang baik dan benar:

  • Tahap Pertama
Pada tahap pertama ini, anda dapat mengaplikasikan acian tersebut ke seluruh area secara merata, pastikan pori - pori yang ada dapat tertutupi semua.
  • Tahap Kedua
 Pada tahap ini, gerakan yang digunakan berbeda, misalnya anda dapat mengaplikasikan acian terrsebut dengan cara membuat gerakan dari bawah keatas atau sebaliknya. Pada tahap ini usahakan semua pori - pori yang belum tertutupi dapat diberikan acian semua.
  • Tahap Ketiga
 Apabila sudah dipastikan bahwa pori - pori pada tembok tersebut sudah tertutup, maka selanjutnya anda dapat melakukan penggosokan. Tujuannya adalah agar permukaan dinding tesebut halus, adapun alat yang dapat digunakan bisa berupa kertas kemasan semen atau yang lainnya.
 
Baca Juga:

Jadi, untuk mengaci tembok ini mudah sekali untuk dilakukan bagi pemula sekalipun, demikian informasi mengenai cara mengaci tembok dengan mudah, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang cara menghilangkan pori - pori di tembok, cara pembuatan acian yang benar, cara mengaplikasikan acian di tembok bagi pemula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel