Cara Mengaplikasikan Cat Melamine di Furniture Kayu

Cara Mengaplikasikan Cat Melamine di Furniture Kayu - Banyak sekali untuk finishing mebel kayu ini, antara lain pelitur, cat serta melamine dan lain sebagainya. Dari masing - masing proses finishing ini tentunya dapat membuat hasil yang berbeda. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengaplikasikan cat melamine di furniture kayu.

Jenis - Jenis Finishing untuk Mebel


Sebelum masuk ke dalam proses pengaplikasiannya, ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersipakn antara lain sebagai berikut:
- Amplas
Banyak sekali jenis dari amplas ini. Namun yang dapat digunakan adalah amplas dengan no 150, 180, 400, 1000
- Kain Bal
- Dempul
- Lakban Kertas
- Koran
- Thinner
- Sending Sealer
- Clear Gloss
- Sparay Gun
- Selang Kompresor
- Kape
- Kompresor

Jika semua alat dan bahan yang dibutuhkan diatas sudah siap semua, anda dapat memulai proses pengaplikasiaanya. Berikut ini beberapa langkah - langkah dalam mengaplikasikan cat melamine:

1. Bawa furniture yang akan diaplikasikan cat melamine di tempat yang nyaman
Untuk mempermudah, bawa furnite tersebut di tempat yang nyaman agar proses dapat berjalan dengan lancar.

2. Bungkus bagian furniture yang tidak ingin terkena cat melamine
Agar tidak mengenai bagian - bagian yang tidak ingin diaplikasikan cat melamine, maka anda dapat membungkusnya dengan menggunkan kertas atau koran bekas. Biasanya bagian tersebut seperti kaca, handle dan lain sebagainya.

3. Lakukan Pengamplasan
Agar permukaannya halus, maka anda harus melakukan pengamplasan terlebih dahulu. Untuk amplas yang dapat anda gunakan adanya amplas dengan no 180 atau 150. Untuk teknik pengamplasannya adalah dengan mengamplas searah dengan arah serta kayu, jangan melakukan pengamplasan berlawanan arah dengan serta kayu. Karena hal ini dapat merusak serat kayu itu sendiri sehingga keindahan kayu tersebut akan kurang. Untuk prosesnya sendiri dilakukan hingga yang tadinya permukaan kayu terasa kasar saat di raba berubah menjadi halus.

 4. Berikan Dempul atau Wood Filler
Untuk menutupi serat dan pori - pori pada kayu, maka anda harus memberikan dempul atau wood filler pada furniture yang akan diaplikasikan cat melamine. Untuk mengaplikasikan dempul ini anda dapat menggunkan bantuan kape. Selanjutnya jika sudah diberikan dempul. Amplas kembali furniture tersebut dengan menggunakan amplas no 180 sampa serat yang ada dapat terlihat kembali.

5.Proses Sending Sealer
Pada proses ini bertujuan agar waran yang dihasilkan cat melamine sangat kuat. Untuk proses ini anda dapat menggunakan hardener atau juga tidak tergantung kondisinya. Namun apabila anda menggunakan hardener pengeringan nantinya akan lebih cepat.

6. Pewarnaan
Proses ini merupakan bagian inti dari pengaplikasian cat melamine, untuk tekniknya anda dapat menggunakan kuas atau alat semprot. Masing - masing alat tentunyta memiliki keunggulan masing - masing. Jika anda menggunakan  kuas maka hasilnya nantinya belang dan tidak rata, disarakna dalam proses ini gunakanlah alat semprot.

7.Berikan Clear
Tujuannya adalah agar menimbulkan efek kinclong pada furniture tersebut. Adapun untuk proses ini anda dapat menggunakan campuran warna dengan perbandingan 4: 1.

Baca Juga:

Untuk proses pengaplikasian cat melamine ini sebaiknya konsultasikan dengan orang yang sudah berpengalaman dalam bidang tersebut, sehingga nantinya dalam melakukannya tidak salah dan hasil yang didapatkan juga maksimal.

Demikian informasi mengenai cara mengaplikasikan cat melamine di furniture kayu, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pengaplikasian cat melamine di mebel, cara memberi melamine di mebel, keunggulan cat melamine untuk mebel kayu.