-->

Mempersiapkan Kandang Untuk Ternak Lovebird

Mempersiapkan Kandang Untuk Ternak Lovebird - Bagi anda yang ingin beternak lovebird, maka hal pertama yang harus disiapkan adalah kandang, kali ini kita akan membahas tentang tips mempersiapkan kandang untuk ternak lovebird. Dalam mempersiapkan kandang untuk ternak lovebird ini ada beberapa tahapan.

Kandang ini nantinya akan digunakan untuk tempat tinggal sepasang lovebird, oleh karena itu kenyamanan sebuah kandang harus diutamakan agar lovebird yang sedang kita ternak dapat berkembang biak dengan baik.

Berikut ini beberapa tips dalam mempersiapkan kandang untuk ternak lovebird:


1. Pemilihan Kandang
Langkah awal dalam mempersiapkan kandang adalah dengan memilih jenis kandang yang diinginkan. Sat ini banayk sekali tersedia dipasaran jenis kandang lovebird baik yang berupa besi, ataupun kawat ram. Pastikan jenis kandang yang anda pakai adalah yang mempunyai kualitas terbaik agar awet ketika digunakan.

2. Aksesoris Tambahan
Di dalam sebuah kandang ternak lovebird tentunya membutuhkan beberapa aksesoris tambahan, antara lain tangkringan, tempat makan dan minum, glodok. Itu merupakan aksesoris tambahan yang wajib ada di dalam kandang ternak lovebird. 
  • Tangkringan
Untuk tangkringan anda dapat menggunkan jenis plastik yang sudah tersedia di pasaran, atau anda juga dapat memanfaatkan ranting pohon
  • Tempat Makan dan Minum
Pemilihan tempat makan dan minum haruslah yang mempunyai ukuran besar, mengingat yang terdapat di dalam kandang nantinya adalah 2 ekor lovebird. Jadi apabila wadah makan dan minumnya besar akan memudahkan lovebird itu sendiri.
  • Glodok
Glodok ini nantinya digunakan untuk lovebird bertelur, oleh karena itu usahakan dalam pemiliahn glodok ini adalah yang paling nyaman. Saat ini banyak sekali jenis glodok dengan berbagai bentuk dan bahan, ada yang dilengkapi dengan kaca sehingga memudahkan kita dalam mengecek telurnya maupun yang polosan. Karena dengan glodok yang nyaman tentunya dapat membuat lovebird merasa nyaman pula berada di dalam glodok ketika bertelur.
  • Berikan Kulit Jagung
Biasanya ketika lovebird akan bertelur pastinya akan membuat sarang, oleh karena itu masukkan kulit jagung yang sudah kering ke dalam kandang lovebird agar nantinya digunakan untuk membuat sarang.

Baca Juga:

 3. Taruh Kandang di Tempat yang Aman dan Nyaman
Jika semua hal diatas sudah dilakukan, maka tempatkan kandang tersebut di area yang aman serta nyaman. Pastikan tidak ada binatang yang masuk, adapun tempat yang nyaman disini adalah area yang mempunyai penerangan dan sirkulasi udara yang baik.

Lovebird
Lovebird


Jadi, apabila anda ingin beternak lovebird, hal pertama yang perlu anda persiapkan adalah kandang, karena kandang juga dapat mempengaruhi keberhasilan dari beternak lovebird itu sendiri. Demikian informasi tentang cara mempersiapkan kandang untuk ternak lovebird, diharapkan dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan anda tentang tips pembuatan kandang lovebird, cara memasang glodok di kandang, cara membuat tempat makanan dan minuman lovebird.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel